kesehatan

ASI Bantu Sembuhkan Belekan pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 15 Des 2018 - 16.01 WIB
Mengobati mata bayi belekan/ Foto: iStock Mengobati mata bayi belekan/ Foto: iStock
Jakarta - Menjadi orang tua baru tentu sangat menyenangkan bagi Ayah dan Bunda. Namun, kebahagian itu kadang harus berganti kecemasan saat melihat si kecil sakit. Salah satunya, saat mata bayi baru lahir belekan terus-menerus.

Sebagai ibu baru yang minim informasi, melihat mata anak mengeluarkan banyak belek tentu sangat mencemaskan. Sebagian orang berpikir, jika anak mereka mengalami sakit mata. Bunda juga pernah merasakan kecemasan yang sama?

Di saat panik seperti itu, banyak kerabat menyarankan untuk mengobati mata si kecil dengan ASI. Sebenarnya, hal itu diperbolehkan nggak sih, Bun?


Konselor Laktasi, dr Ameetha Drupadi, CIMI, menjelaskan banyak mitos mengenai ASI yang salah kaprah. Salah satunya, menggunakan ASI untuk mengobati mata bayi belekan. Ditegaskan dr Ameetha bahwa tidak dibenarkan mengobati mata bayi belekan dengan mentesi ASI, kerena tidak higienis.

"Sebenarnya ASI itu kan nutrisi, kalau kita kasih ke mata malah kotor kan. Sebaiknya kalau anak belekan dibersihkan saja. Kalau bayi baru lahir belekan terus itu karena saluran air matanya masih tersumbat, bukan sakit," ungkap dr Ameetha, saat berbincang dengan HaiBunda, Rabu (12/12/2018).

Meskipun ASI kaya manfaat, namun tidak bisa digunakan sebagai obat belekan mata anak. Menurutnya, faktor kebersihan menjadi alasan utama agar tidak menggunakan ASI sebagai obat belekan.

"Nggak benernya karena nggak higienitas," tegas Ameetha.

Mitos Atau Fakta? ASI Bantu Sembuhkan Mata Bayi BelekanAsi untuk mata bayi belekan/ Foto: iStock

Dilansir Parents, saluran air mata pada bayi baru lahir sangat sempit dan rentan terhadap penyumbatan. Sehingga banyak mengeluarkan kotoran yang terlihat seperti nanah. Tapi tenang, Bun, karena bukan infeksi. Loraine Stern, MD, profesor klinis pediatri di UCLA School of Medice, memberikan tips untuk mengatasi mata bayi belekan.

Bunda cukup membersihkan belekan dengan cara simpel. Pertama, bersihkan belek dengan bola kapas yang dicelupkan pada air hangat. Setelah itu, sapukan kapas dari sudut mata bagian dalam ke arah luar.

Selanjutnya, tekan dan pijat lembut ruang di antara mata dan hidung menggunakan kelingking. Lakukan dua hingga tiga kali dalam sehari. Lebih disarankan lagi, untuk mempraktikannya saat anak sehabis dimandikan, Bun.

Semoga membantu ya.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi