sign up SIGN UP search


parenting

Mata Bayi Baru Lahir Terlihat Juling, Sebenarnya Normal Enggak Sih?

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 02 May 2021 10:05 WIB
Funny photo of a cute little baby boy laying next to his mom caption

Jakarta - Mata bayi yang baru lahir biasanya tampak seperti juling. Sebagian orangtua pun mengkhawatirkan hal ini karena takut penglihatannya jadi kurang maksimal.

Melansir dari Whattoexpect, beberapa bayi memang terlahir dengan lipatan kulit ekstra di sudut dalam mata mereka, atau memiliki jembatan hidung lebar sehingga membuat mereka terlihat juling.

Tetapi, seiring pertambahan usianya, mata dan penglihatan anak akan tumbuh normal. Sedangkan lipatannya menghilang dan tidak lagi nampak tatapan mata juling seperti yang Bunda khawatirkan.


Ya, mata bayi memang tidaklah selalu bergerak serempak. Dan ini merupakan karakteristik bayi baru lahir yang sangat normal dan umum. Pandangan yang tidak teratur ini disebabkan fakta bahwa mata mereka tidak terkoordinasi seperti yang lainnya dan tidak selalu bisa melacak bersama.

Beruntungnya, hampir tidak ada yang perlu dikhawatirkan (kecuali mata tidak pernah sejajar) dan umumnya akan pulih dengan sendirinya pada saat bayi berusia 3 bulan.

banner doa mantan istri uasbanner doa mantan istri uas/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Pada usia 4 bulan, bayi harus mengikuti objek dengan kedua mata yang semakin terkoordinasi dan matang. Periksakan selalu mata bayi di setiap kunjungan ke dokter. Dan jika si kecil kehilangan pencapaian, dokter biasanya akan merujuk ke dokter mata anak.

Bayi memang dilahirkan dengan segala sesuatu di tempatnya untuk dilihat. Tetapi, ini adalah hal yang sama sekali baru bagi mereka dan penglihatan tidak benar-benar mulai berkembang sampai lahir.

Artinya, pada minggu-minggu dan bulan awal kelahirannya, bayi sedang menguji penglihatan mereka serta melatih otot-otot mata mereka, seperti dikutip dari laman Kidspot.

"Awalnya, bayi harus menggerakkan seluruh kepalanya untuk menggerakkan mata. Tetapi, dalam dua hingga empat bulan mereka harus mulai menggerakkan mata secara mandiri dengan gerakan kepala yang jauh lebih sedikit," kata Tim Fricke, seorang ahli optometri di Melbourne.

Informasi lebih lengkap, klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk tips merawat bayi baru lahir seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



NORMALKAH MATA BAYI TERLIHAT JULING?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi