kesehatan

5 Tips Mengatasi Anak Sakit ala Nirina Zubir

Asri Ediyati Rabu, 20 Feb 2019 - 17.38 WIB
5 Tips Mengatasi Anak Sakit ala Nirina Zubir/ Foto: Palevi/detikHOT 5 Tips Mengatasi Anak Sakit ala Nirina Zubir/ Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta - Ketika anak sakit, rasanya sedih banget ya, Bun? Hal serupa dialami Nirina Zubir, ketika salah satu anaknya sakit. Nirina sempat bingung karena masih tidur satu kamar dengan anak-anaknya. Di sisi lain, Nirima tak mau anggota keluarganya yang lain tertular.

"Sampai sekarang kita masih tidur berempat. Akhirnya karena anak yang sakit enggak bisa dijauhin sementara, jadi dua-duanya kena. Aku sampai mikir gimana ya jaga anak batuk sementara aku harus siaran pagi-pagi?" ujar Nirina Zubir di acara konferensi pers Bisolvon 'Jangan Batuk Berdahak, Jauhkan yang Dekat' di sebuah kafe kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2019).

Berangkat dari pengalamannya, Nirina akhirnya melakukan beberapa hal yang kini menjadi tips andalannya ketika anaknya sedang sakit. Berikut lima tipsnya.

1. Jaga jarak

Jaga jarak di sini maksudnya tidak menjaga jarak secara fisik, Bun. Melainkan kita menggunakan 'tameng' untuk mencegah tertularnya penyakit. Misal anaknya batuk, Nirina selalu memakaikan masker supaya virusnya enggak menyebar.

2. Olahraga

Sebagai ibu yang gemar berolahraga, Nirina selalu mengusahakan dirinya dan anak-anak untuk aktif berolahraga.

"Aku bukan tipe orang yang saklek satu olahraga, misal di musim hujan kurangi olahraga yang di outdoor. Try to workout everyday or at least 3 times a week. Sepedaan, berenang, trainer datang ke rumah. Yang penting keringetan," ujar Nirina.

3. Cari obat aman

"Hampir tiap detik rasanya, enggak bisa nih jauhin diri dari anak. Aku cari cara biar sembuh dan mengurangi antibiotik sedini mungkin," kata Nirina.

Nirina juga mengatakan, penanganan pertamanya yakni minumkan anak air hangat. Setelah tiga hari enggak sembuh, langsung konsultasi ke dokter. Ia berpesan, segera obati kalo memang anak sakit.


4. Pola makan seimbang

Dari awal mengasuh anak, Nirina selalu menerapkan pola makan seimbang. Meski enggak bisa melarang makan ini dan itu secara paksa, Nirina menyeimbangkan dengan memberi nasihat kepada anak-anaknya agar mengonsumsi banyak air putih.

"Aku bilang ke anak-anak, 'Kalau habis makan manis, banyak minum air putih ya'. Secara nggak langsung mereka berpikir kalu pola makan harus seimbang. Aku juga meminta mereka banyak makan buah dan sayur," lanjut Nirina.

5. Sigap dan kooperatif dengan suami

Sebagai orang tua, Nirina merasa dirinya harus sigap jika ada sesuatu yang tak beres dengan kondisi anak. Ia selalu menanyakan kalau ada yang enggak enak, Bun. Saat anak sakit, Nirina juga kooperatif dengan sang suami.

"Suami gantian off, misal gantian siaran. Kita sama-sama melihat waktu untuk jagain anak. Pasti ada salah satu yang mengalah. Anak kita nggak pernah tahu kapan sakit. Peranku dengan peran suami itu seimbang, yang penting anak sehat," kata Nirina.


[Gambas:Video 20detik]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi