sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyusui Bagi Bunda dengan Flat Nipple

Nurvita Indarini Rabu, 09 Aug 2017 11:06 WIB
Flat nipple nggak bisa menyusui si kecil? Tenang, bisa kok. caption
Jakarta - Bunda yang sedang hamil dan mengalami flat nipple mungkin khawatir ya nggak bisa menyusui si kecil dengan maksimal? Tenang Bun, tetap bisa menyusui kok. Ada tipsnya nih agar lancar menyusui meski kita memiliki flat nipple.

"Sebelum menyusui, cubit puting dengan lembut agar lebih nongol," saran konselor laktasi dari Bunda International Clinic, dr Yolanda Safitri, MPH, saat ngobrol dengan HaiBunda beberapa waktu lalu.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nipple puller. Kata dr Yola, kita bisa membuat sendiri nipple puller ini. Caranya adalah dengan menggunakan suntikan tanpa jarum ukuran 100 ml atau 200 ml yang disesuaikan dengan ukuran puting payudara.


Jadi kita perlu memotong ujung depan suntikan, lalu pasang penyedotnya di bagian yang sudah dipotong tadi. Kemudian pasang di puting payudara kita yang tenggelam, lalu sedot menggunakan alat itu. Berapa lama menarik atau menyedotnya? Menurut dr Yola sekitar 30 detik sampai satu menit. Jadi setiap kali akan menyusui bayi, kita bisa menariknya lebih dulu dengan nipple puller sederhana ini.

"Sebenarnya puting yang rata ataupun terbenam nggak selamanya begitu. Bayi yang sering menyusu secara langsung akan membantu membentuk puting ibunya sehingga akan lebih menonjol," tambah dr Yola.

Jika repot membuat nipple puller sendiri, Bunda bisa membelinya di pasaran. Jika masih kesusahan juga, mungkin bisa menggunakan nipple shield. Sebenarnya ini adalah pelindung puting jika puting kita lecet atau pecah saat awal-awal menyusui. Tapi alat ini juga bisa menjadi pelindung puting.

Ada baiknya Bunda juga berdiskusi juga dengan konselor laktasi ya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!