menyusui

4 Cara Tepat Membersihkan Puting agar ASI Keluar dengan Lancar dan Deras

Dwi Indah Nurcahyani   |   HaiBunda

Kamis, 17 Aug 2023 11:50 WIB

Jakarta -

Puting yang bersih tidak saja membuat higienitas ASI terjaga tetapi juga membantu aliran ASI deras. Yuk, cari tahu bagaimana cara membersihkan puting agar ASI keluar dengan lancar dan deras ya, Bunda.

Menyusui merupakan proses alami yang menjadi pengalaman luar biasa bagi semua ibu menyusui. Selain bisa meningkatkan bonding dengan anak, menyusui juga menjadi proses memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi yang sedang bertumbuh. Hanya saja, tentu dibutuhkan kesabaran dan banyak usaha agar prosesnya senantiasa lancar.

Pada awalnya, mungkin banyak ibu baru merasakan putingnya terasa nyeri atau tidak nyaman ketika menyusui. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi, pelekatan, atau isapan bayi. Untuk itu, Bunda pun perlu melakukan perawatan pada puting agar ASI senantiasa terjaga kesehatan dan kebersihannya serta memungkinkan ASI keluar deras.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Cara membersihkan putingĀ 

Saat menyusui, sebaiknya Bunda membiasakan diri untuk memeriksa payudara dan puting secara teratur. Dengan melakukan ini, Bunda mungkin dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi sebelum menjadi lebih buruk seperti dikatakan Dan Brennan, MD, dikutip dari laman WebMd.

Berikut ini beberapa cara membersihkan puting agar ASI keluar lancar ya, Bunda:

1. Cuci tangan dengan sabun dan air sebelum setiap menyusui. Bunda hanya boleh menyentuh payudara dan puting dengan tangan bersih.

2. Kenakan bra bersih dengan dukungan yang tepat setiap hari. Bra menyusui biasanya paling mudah digunakan saat menyusui. Bra katun juga bernapas lebih baik dan memungkinkan udara bersirkulasi.

3. Hindari penggunaan sabun atau sampo pada puting Bunda. Cuci puting hanya dengan air, karena sabun dapat menghilangkan lubrikasi alami. Pelumasan ini mencegah puting mengering dan pecah-pecah saat menyusui.

4. Setelah setiap menyusui, taruh beberapa tetes ASI di puting susu Bunda. Ini membantu melembapkan puting dan melawan kemungkinan infeksi.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik diĀ SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT