sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Puting Payudara Terasa Nyeri saat Pertama Kali Menyusui

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 13 Sep 2022 12:20 WIB
Ilustrasi payudara bengkak 5 Penyebab Puting Payudara Terasa Perih saat Pertama Kali Menyusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Menyusui merupakan pengalaman baru bagi Bunda yang pertama kali melahirkan. Ketidaknyamanan pada payudara kerap terjadi, terutama puting yang sakit saat pertama kali menyusui.

Hal itu biasa terjadi dan wajar dialami para ibu menyusui, terutama buat Bunda yang baru pertama kali melahirkan nih. Pastinya masih berusaha belajar dan beradaptasi dengan aktivitas menyusui yang merupakan hal baru untuk Bunda

Apakah mengalami sakit pada puting saat pertama kali menyusui merupakan hal normal? dan apa penyebab puting payudara terasa perih saat pertama kali menyusui?


Penyebab puting nyeri saat pertama kali menyusui

Melansir laman Romper.com, terdapat beberapa faktor penyebab puting terasa sakit saat pertama kali menyusui, di antaranya yakni:

1. Posisi yang buruk

Bunda harus tahu, salah satu penyebab utama nyeri puting adalah posisi yang buruk. Jennifer Passwaters, konsultan laktasi bersertifikat internasional (IBCLC) dan perawat terdaftar (RN) mengatakan bahwa pelekatan tidak boleh menyakitkan.

Adanya sensasi menarik dan beberapa rasa sakit saat pertama kali menyusui adalah normal. untuk mengurangi rasa sakitnya Bunda bisa mencoba untuk mengubah posisi yang berbeda. Namun, untuk mengatasinya disarankan menemui konsultan laktasi.

2.  Kurangnya pelekatan

Menurut Chrisie Rosenthal, seorang IBCLC dari The Lactation Network, alasan paling umum puting sakit saat menyusui adalah karena pelekatan yang kurang.

“Untungnya, masalah ini sering ditangani dengan cukup mudah dengan bekerja sama dengan IBCLC yang akan memandu Anda dengan teknik pelekatan dan posisi untuk memaksimalkan kenyamanan bayi dalam mengisap aliran susu,” kata Rosenthal.

Namun, jika masalahnya adalah pelekatan yang buruk, ada tanda-tanda yang harus diwaspadai lho Bunda. "Saat mulut bayi terlepas dari payudara, putingnya harus bulat," kata IBCLC Tera Hamann.

"Tapi jika itu datar, atau berbentuk lipstik, itu pertanda ada pelekatan yang buruk." Tambahnya. Sering kali perubahan sekecil apa pun dalam posisi menyusui dapat membuat peningkatan besar.

3. Tongue tie 

Faktor penyebab lain dari rasa sakit pada puting berasal dari tongue tie. Meskipun kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya, tapi sering kali perlu ditangani dengan pembedahan, seperti frenotomi atau frenuloplasti, Bunda. Jadi sebaiknya Bunda memeriksakan kondisi Si Kecil ke dokter agar mendapat penanganan yang sesuai ya.

3. Kelebihan susu

Nyeri pada puting payudara juga bisa disebabkan refleks pengeluaran ASI yang terlalu aktif, Bunda. “Wanita yang tubuhnya mampu memproduksi banyak ASI sering kali memiliki aliran susu yang keluar dengan cepat, dan bayi terkadang ragu untuk menyusu dalam-dalam sehingga ia menjepit puting untuk mengontrol alirannya,” jelas Rosenthal.

Sebaiknya Bunda mengunjungi konsultan laktasi jika mengalami nyeri puting ini karena dengan berkonsultasi, akan ada informasi dan pengetahuan yang dibagikan tentang bagaimana posisi terbaik Si Kecil saat menyusu agar lebih bisa mengontrol aliran ASI dan bisa menyempurnakan suplai ASI yang diperlukan.

Klik halaman berikutnya untuk tahu penyebab lain puting payudara terasa perih saat pertama kali menyusui. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang alasan penting untuk belajar menyusui sejak masa kehamilan

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB PUTING NYERI DAN TIPS NYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!