menyusui

Menyusui Saat Hamil, Aman Nggak Ya?

Niken Widya Yunita Minggu, 22 Jul 2018 11:19 WIB
Menyusui Saat Hamil, Aman Nggak Ya?
Jakarta - Ibu dianjurkan menyusui anaknya hingga berusia dua tahun. Nah, tapi gimana ya saat masih menyusui si kecil kita hamil lagi. Amankah menyusui saat hamil?

Penyanyi Widi Mulia termasuk ibu yang masih menyusui anaknya saat dia hamil lagi. Kala itu Widi meski sedang hamil 7 bulan, Widi masih menyusui anaknya.

"Saya menyusui Dru (anak pertamanya, -red) belum selesai. Dalam keadaan hamil, saya masih menyusui," ujar Widi baru-baru ini.




Menurut widi, dari penjelasan dokternya, menyusui saat hamil dibolehkan. Karena itu dia enjoy saja meneruskan menyusui anak pertamanya, meski sedang mengandung anak kedua. Dru baru berhenti menyusu pada usia 2 tahun 7 bulan.

"Kalau kata dokter boleh, yang nggak boleh itu kalau hamilnya bermasalah," tuturnya.

Menyusui Saat Hamil, Aman Nggak Ya?/Menyusui Saat Hamil, Aman Nggak Ya?/ Foto: thinkstock


Widi menambahkan menyusui adalah suatu keajaiban. Karena kegiatan ini merupakan ajang bonding dengan anak-anaknya, Bahkan katanya, Bun, dia punya anak ketiga karena kangen menyusui.

"Makanya begitu punya anak ketiga, menyusui sampai anak umur 3,5 tahun," kata personel B3 ini.

Terkait menyusui saat hamil, Ketua Satgas ASI Indonesia, dr Elizabeth Yohmi, SpA ,menyebutkan hal itu dibolehkan selama anaknya mau. Namun menurutnya, ada syarat yang harus dipatuhi.



"Selama anak masih mau, tidak ada riwayat prematur dan abortus, dan selama ASI-nya masih ada, nggak apa-apa," ucap dokter yang praktik di RS St Carolous dan RS Hermina Jatinegara ini.

Menyusui saat hamil bisa memicu kontraksi. Tapi beberapa waktu lalu dr Meta Hanindita, SpA, menjelaskan pada kehamilan normal, kontraksi itu tidak berefe alias nggak signifikan pengaruhnya. "Nggak sampai yang bikin ibu melahirkan prematur gitu. Kecuali itu tadi, ada riwayat jelek sebelumnya," ucap dr Meta. (nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi