menyusui

Dukungan Suami untuk Istri Menyusui Bisa Jadi ASI Booster Alami

Radian Nyi Sukmasari Senin, 06 Aug 2018 17:30 WIB
Dukungan Suami untuk Istri Menyusui Bisa Jadi ASI Booster Alami
Jakarta - Bunda terutama yang menyusui pasti tahu soal ASI booster? Ya, beberapa bahan yang dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Namun, tahukah Bunda bahwa dukungan suami bisa jadi ASI booster alami buat seorang ibu menyusui.

"ASI booster alami itu support suami. Beneran lho. Ada pasien saya yang dibantu suaminya ketika memerah ASI, itu deras lho ASI-nya," kata konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) dr Ameetha Drupadi dalam Live Instagram 'Menguak Fakta dan Mitos Menyusui', Senin (6/8/2018).

Atau sesimpel memijat punggung istri aja udah bisa jadi bentuk dukungan suami buat istri yang sedang menyusui lho, Bun. Soalnya, ketika dipijat oleh suami, ibu menyusui bisa bikin happy. Nah, ketika happy akan dirilis hormon oksitosin yang berperan penting dalam lancarnya ASI.


Dukungan suami, lanjut dr Ameetha bisa diwujudkan lewat hal-hal simpel. Misalnya, membantu menuangkan ASI perah ke wadah atau bahkan membantu menuliskan tanggal ASI perah. Dengan kata lain, suami nih, Bun, yang me-manage penyimpanan ASI perah.



"Membantu ibu menyelesaikan urusan rumah tangga, membantu mengasuh si kecil, membantu menyendawakan bayi setelah nyusu, memberi ASI perah, itu juga udah jadi bentuk dukungan dari suami. Ketika suami melakukan hal itu, istri merasa disayang kan ya jadi merasa happy," tambah dr Ameetha.

Hal ini diamini salah satu sahabat HaiBunda, Dewi nih, Bun. Dia bercerita selama menyusui si kecil udah jadi kewajiban sang suami nih memijat punggung dan kakinya. Dipijat oleh suami kata Dewi ampuh banget memperlancar produksi ASI-nya. Jadi, kadang ketika Dewi menyusui si kecil, si suami sambil memijat kakinya.

"Wah itu mah harus banget. Berarti banget dong buat saya yang lagi menyusui. Bahkan waktu hamil 32 minggu, saya kan massage payudara, pas dibantu massage sama suami saya itu lancar lho ASI-nya keluarnya. Karena memang saat suami melakukan itu kita happy banget ya," kata Dewi.

Nah, buat Bunda dukungan simpel apa nih dari suami yang bisa jadi ASI Booster alami?



(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi