menyusui

Ibu Menyusui Nge-gym, Gizi ASI Bakal Berkurang?

Niken Widya Yunita Rabu, 26 Sep 2018 08:04 WIB
Ibu Menyusui Nge-gym, Gizi ASI Bakal Berkurang?
Jakarta - Permasalahan ibu menyusui itu susah kurus. Salah satu solusi yang dicoba pun ibu menyusui perlu olahraga misalnya nge-gym. Hanya saja, ketika nge-gym bisa timbul pertanyaan apakah nge-gym bikin gizi ASI berkurang?

Pada prinsipnya, Bun, olahraga saat menyusui boleh-boleh saja. Asal intensitasnya nggak berat-berat. Sehingga, saat ibu menyusui nge-gym pun pilih jenis latihan yang nggak terlalu berat ya, demikian disampaikan konselor ASI dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Ameeta Drupadi CIMI.

"Olahraga yang terlalu berat misalnya saat ngegym bisa membakar cukup banyak kalori dan hal ini bukan nggak mungkin menyebabkan gizi ASI berkurang," tutur dr Ameetha saat ngobrol dengan HaiBunda.


Ketika kalori yang keluar dari tubuh itu lebih banyak ketimbang yang diasup, dikhawatirkan produksi ASI-nya juga berkurang. Otomatis, gizi dalam ASI pun berkurang. Ibaratnya, kalori yang dibutuhkan ibu untuk dirinya sendiri saja kurang akibat olahraga terlalu berat, apalagi kalori untuk memproduksi ASI.

Ibu Menyusui Nge-gym, Gizi ASI Bakal Berkurang?Ibu Menyusui Nge-gym, Gizi ASI Bakal Berkurang?/ Foto: Thinkstock


Sementara itu menurut dr Edi Setiawan Tehuteru SpA(K), MHA, ibu menyusui boleh olahraga apa saja. Nggak masalah jika Bunda hendak nge-gym dan melakukan semua olahraga. Tapi tetap, perhatikan intensitasnya ya, Bun.

"Nggak masalah (ngegym dan semua olahraga). Saat menyusui kalori memang banyak terbuang. Ada ibu menyusui banyak laparnya karena kan makanan yang dimakan untuk berdua, untuk ibu itu sendiri dan si kecil," tutur dr Edi yang praktik di RS Kanker Dharmais ini.

Tapi walaupun ibu menyusui lumrah banyak laparnya, jangan berlebihan juga ya, Bun, mengasup makanan. Justru dengan begitu kita malah kelebihan berat badan dan susah kurus deh, he-he-he.

(nwy/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi