menyusui

Cara Lakukan Pijat Oksitosin untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI

Annisa Karnesyia Minggu, 24 Feb 2019 08:01 WIB
Cara Lakukan Pijat Oksitosin untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI
Jakarta - Oksitosin adalah hormon yang bereaksi ketika tubuh manusia mendapat sentuhan. Hormon oksitosin diproduksi di otak bagian belakang dengan cara kerja seperti efek morfin, membuat seseorang merasa bahagia dan mengurangi rasa sakit. Hormon oksitosin berperan penting dalam produksi ASI.

Selain itu, hormon oksitosin dapat memberi stumulasi saat persalinan atau pada puting saat proses menyusui. Donna Murray, RN, BSN, perawat kesehatan anak mengatakan, hormon oksitosin dapat membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi stres, rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah. Oksitosin juga berperan dalam hubungan sosial, ikatan khusus (bonding), rasa percaya, dan rasa cinta.

"Oksitosin adalah hormon yang penting bagi wanita. Hormon ini dikenal sebagai hormon keibuan, hormon anti stres, dan hormon cinta," kata Murray, dikutip dari Very Well Family.


Salah satu cara untuk merangsang produksi hormon oksitosin adalah dengan melakukan pijat punggung, Bun. Pijat punggung atau yang dikenal dengan pijat oksitosin merupakan pijatan yang dilakukan sepanjang tulang belakang. Pijat ini bertujuan untuk memperlancar keluarnya ASI dan aliran darah, mengurangi rasa nyeri, serta memberi efek relaksasi.

Nah, yuk simak cara melakukan pijat oksitosin, terutama saat Bunda masih dalam masa menyusui.

1. Posisikan tubuh dalam posisi duduk, bersandar ke depan sambil memeluk bantal. Jaga posisi senyaman mungkin. Jika dibutuhkan, taruh meja di depan tubuh sebagai tempat bersandar.

2. Pijat kedua sisi tulang belakang dengan menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan.

3. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.

4. Kemudian pijat sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas dada, dari leher sampai ke tulang belikat.

5. Lakukan pijatan ini selama 2 sampai 3 menit.

6. Pijatan oksitosin ini bisa dilakukan oleh orang terkasih, terutama suami. Atau, bisa dibilang pijat ini baik sekali jika dilakukan dengan penuh kasih sayang. Dengan begitu produkasi ASI akan jauh lebih lancar.

7. Konsultasikan dengan konselor laktasi agar ibu mengerti tentang gerakan pijat, sehingga hasilnya maksimal.


Selain melakukan pijat oksitosin, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin, seperti dikutip dari Mommy Potamus, misalnya:

1. Menonton film yang bisa bikin Bunda tertawa lepas
2. Berbaring sambil memeluk anak
3. Memeluk dan bermain bersama hewan peliharaan
4. Berhubungan intim
5. Menghabiskan waktu dan bersenang-senang bersama teman
6. Makan bersama pasangan
7. Memberikan hadiah

Dilansir detikcom, pijat oksitosin ini sebaiknya tidak dilakukan pada ibu yang belum melahirkan. Dikatakan dr.Jeane-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, pijat oksitosin bertujuan supaya kontraksi otot saluran ASI bekerja. Jika dilakukan saat ibu masih mengandung, kontraksi otot rahim juga bisa terjadi.

"Jadi dilakukan sesudah ibu melahirkan dan menyusui. Bisa dilakukan terutama oleh suami. Dianjurkan ibu buka baju dan posisinya agak membungkuk, membuka bra, dalam posisi bra menggantung," kata Jeanne.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi