menyusui

Tips Membuat Bayi Sendawa Sehabis Menyusui

Zika Zakiya Senin, 25 Mar 2019 12:37 WIB
Tips Membuat Bayi Sendawa Sehabis Menyusui
Jakarta - Bayi yang masih menyusu wajib dibuat bersendawa ya, Bunda. Maksudnya, agar udara yang ada di lambung bisa ditekan ke luar.

Untuk Bunda yang baru memiliki bayi, menyendawakan bayi mungkin terasa 'menakutkan'. Sebab memerlukan kemampuan menggendong yang cukup luwes.


Tapi seperti ditunjukkan dr.Reisa Broto Asmoro dari program Dr.Oz Indonesia, menyendawakan bayi bisa dimulai dengan meletakkannya di pundak Bunda.

"Kita berdirikan (gendongan bayi) dengan letakkan saja di bagian pundak, diikuti dengan badannya, kemudian diberi tepukan ringan," kata Reisa.

Tips membuat bayi bersendawaTips membuat bayi bersendawa Foto: Dr.Oz Indonesia


Kalau bayi Bunda masih sangat kecil, disarankan agar masih bisa melihat wajahnya saat ditepuk ringan. Namun, jika bayi Bunda sudah agak besar, sudah bisa dibalik badannya dan tahan kepala bayi dengan tangan, baru kemudian ditepuk ringan.


Sendawa ini sendiri wajib dilakukan untuk mencegah gumoh (muntah). "Gumoh itu masih wajar keluar melalui mulut karena katup lambung yang memang belum sempurna pada bayi," kata Reisa.

"Tapi gumoh bisa membahayakan jika masuk lagi ke dalam paru-paru," tegasnya.

Agar lebih jelas dalam melakukan teknik gendongan dan cara menyendawakan bayi yang baik, Bunda simak ya panduan dari dr.Reisa berikut ini.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi