menyusui

4 Cara Mudah Mengatasi Mastitis yang Bikin Bunda Meriang

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 14 Apr 2019 15:01 WIB
4 Cara Mudah Mengatasi Mastitis yang Bikin Bunda Meriang
Jakarta - Bagi ibu menyusui, kondisi ASI yang tersumbat bikin stres luar bisa. Rasanya bakalan nano-nano banget ya, Bun, antara menahan rasa sakit di payudara dan merasa bersalah karena tidak dapat menyusui secara maksimal.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan ASI tersumbat. Mulai dari pelekatan menyusui yang salah, pembengkakan payudara, pasokan ASI yang berlebihan, dehidrasi dan kelelahan, hingga tekanan berlebihan pada payudara Bunda, seperti dikutip dari Very Well Family.


Permasalahannya nih, Bun, ketika ASI tersumbat, nyeri pada payudara itu luar biasa ya, Bun. Enggak jarang, nyeri tersebut sampai membuat Bunda meriang karena rasanya kurang nyaman banget. Penyumbatan ASI ini biasanya disertai juga dengan mastitis, yaitu infeksi jaringan payudara yang paling sering terjadi pada saat menyusui.


Tentunya Bunda enggak mau kan merasakan panas dingin akibat mastitis. Cegah penyumbatan ASI dengan melakukan empat cara berikut yuk!

4 Cara Mudah Mengatasi Mastitis yang Bikin Bunda MeriangMengatasi mastitis/ Foto: iStock

1. Pijat payudara

Salah satu cara mengatasinya dengan melakukan pemijatan di area payudara, Bun. Gunakan kedua tangan untuk mencari area payudara yang mengeras.

"Bunda dapat menggunakan tangan untuk memijat daerah yang mengeras ke arah puting saat bayi sedang menyusui atau Bunda sedang memompa ASI,"ujar Karen Meade, seorang perawat bersertifikat dan International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC) di Einstein Medical Center Montgomery di Pennsylvania, dikutip dari laman Romper.

2. Istirahat dan Perbanyak minum

Kaylie Groenhout, doula dan Owner dari Doulas of Nothern Virginia mengatakan, seorang ibu yang mengalami ASI tersumbat dapat menyisihkan waktu untuk beristirahat dan memastikan dirinya terhidrasi dan mendapatkan nutrisi yang baik.

3. Kompres payudara

Selain cara di atas, para ibu dapat mengompres dan melakukan pijatan serta sering mengosongkan payudara.

"Untuk memberikan efek panas, pertimbangkan untuk mandi air hangat terlebih dahulu atau mengompresnya. Pilihan lainnya, mengisi baskom dengan air hangat lalu merendam payudara ke dalam air hangat,"katanya.

4. Pelekatan yang tepat

Solusi lainnya, pastikan bayi Bunda menyusu dengan benar dan menyusui sesering mungkin yakni setiap 1-3 jam sekali atau sesuai permintaan bayi. Kemudian, cobalah untuk memposisikan bayi Bunda dengan posisi hidung atau dagunya mengarah pada saluran yang tersumbat di payudara Bunda. Dengan begitu, akan membantu menghilangkan penyumbatan yang ada.


Lakukan berbagai cara untuk selalu mengASIhi demi memberikan nutrisi terbaik pada buah hati ya, Bun. Simak cara pijat payudara yang benar yuk, Bun, dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi