menyusui

Tips Mudik Nyaman untuk Ibu Menyusui

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 30 May 2019 13:01 WIB
Tips Mudik Nyaman untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Selain ibu hamil, ibu menyusui juga penting banget bisa merasakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Lantas, apa aja tips nyaman mudik bagi ibu menyusui?

dr.Rinto Riantori Sp.OG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan pertama, ibu menyusui baiknya memakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Lalu, jangan lupa bawa apron supaya Bunda aman menyusui di depan umum.

"Sebelumnya dianjurkan memompa asi di rumah. Misalnya punya anak dua, yang satunya masih bayi rewel dan si kakak ingin menyusu kan ASI perahnya bisa dikasih sama ayah," kata Rinto saat berbincang dengan HaiBunda.




Jika Bunda mudik dengan pesawat, saat lepas landas Rinto mengingatkan untuk menyusui bayi supaya enggak ada udara terkurung di tuba eustachius si kecil. Intinya, buat bayi melakukan gerakan menelan.

Tips Mudik Nyaman untuk Ibu MenyusuiFoto: Infografis
"Gerakan menelan akan menekan tuba sehingga tuba terbuka. Jadi, udara enggak terkurung. Atau kalau anaknya sudah agak besar mau dipakaikan earplug juga boleh," tutur Rinto.

Tapi, Bunda mesti ingat, jika anak sudah mendapat Makanan Pendamping ASI atau MPASI, pastikan si kecil sudah makan ya. Nah, gimana jika anak cuma mau menyusu selama perjalanan mudik?



"Enggak masalah, asal anak sudah diberi makan dahulu sebelum berangkat. Jadi tipsnya sebelum berangkat anak dikasih makan dahulu. Nanti perjalanan boleh menyusui saja," kata konselor laktasi dr.Ameetha Drupadi.

Ameetha menyarankan lebih baik Bunda menyusui secara langsung. Selain bagus untuk anak, tentunya lebih simpel dan enggak perlu banyak perlengkapan yang harus dibawa.

"Biasanya kalau anak enggak mau makan saat perjalanan mudik. Bisa jadi dia bosan dengan makanannya," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi