menyusui

Jarang Terungkap 9 Manfaat Menyusui untuk Bunda & Buah Hati

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 25 May 2019 16:00 WIB
Jarang Terungkap 9 Manfaat Menyusui untuk Bunda & Buah Hati
Jakarta - Menyusui menjadi perjuangan yang enggak mudah untuk sebagian Bunda. Akan ada banyak drama yang terjadi selama dua tahun menyusui tentunya. Mulai dari ASI yang sedikit hingga mengalami gigitan si kecil saat sedang menyusui.

Tapi tenang, Bun, karena masa-masa berat itu akan tergantikan dengan hal yang menyenangkan. Menyusui menawarkan banyak manfaat kesehatan baik untuk Bunda maupun si kecil.


Melansir Nutrition News, menyusui menjadi awal yang kuat dan sehat bagi kehidupan anak-anak, Bun. ASI diketahui lebih dari sekadar makanan untuk bayi, tetapi juga menjadi pelindung mereka berbagai penyakit umum.


Untuk itu, Bunda perlu memastikan bahwa kebutuhan ASI tercukupi dengan baik demi tumbuh kembang mereka secara optimal.

"Nutrisi yang optimal sebelum dan selama kehamilan penting untuk mempersiapkan tubuh memenuhi nutrisi yang tinggi untuk menyusui di kemudian hari. Nutrisi optimal selama menyusui pun penting untuk ASI,"kata Christina Sherry, PhD, RD, seorang ilmuwan penelitian untuk nutrisi prenatal.

Jarang Terungkap, 9 Manfaat Menyusui untuk Bunda & Si KecilManfaat menyusui/ Foto: Istock

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama berkaitan dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi (IQ), dan manfaat kesehatan jangka panjang. Menyusui juga menjadi cara paling awal untuk mengenal berbagai macam rasa makanan melalui perbedaan rasa ASI.

Seperti yang kita tahu, makanan yang dikonsumsi Bunda akan mempengaruhi rasa ASI. Oleh karena itu, rasa ASI memang akan berubah setiap harinya. Efeknya, anak-anak akan lebih menerima berbagai varian rasa makanan di kemudian hari.

Menyusui juga membantu memproteksi si kecil dari penyakit lho, Bun. Ini disebabkan karena ASI diketahui mengandung antibodi penting yang membantu mereka melawan patogen yang menyebabkan sakit.

Nah, selain manfaat untuk buah hati, Bunda yang menyusui juga mendapatkan sederet manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara dan diabetes tipe 2.

Bunda yang menyusui pun akan mudah untuk menurunkan berat badan. Khususnya setelah tiga bulan menyusui, dimana kemungkinan Bunda mengalami pembakaran lemak meningkat. Selain itu, menyusui juga membantu proses rahim Bunda berinvolusi atau membantu rahim kembali ke ukuran sebelumnya, seperti dikutip dari laman Health Line.


Berbahagialah bagi Bunda yang menyusui, karena ternyata dapat membantu menurunkan risiko depresi pascapersalinan yang biasanya muncul setelah melahirkan.

Tetap semangat mengASIhi ya, Bun!

Biar ASI makin lancar, Bunda juga perlu tahu menu sarapan yang bagus untuk ibu menyusui seperti pembahasan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi