menyusui

Hindari Panik, Coba 4 Cara Menghadapi Bayi Mogok Nyusu

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 09 Jun 2019 21:35 WIB
Hindari Panik, Coba 4 Cara Menghadapi Bayi Mogok Nyusu
Jakarta - Menghadapi si kecil yang mogok menyusu tentu bikin Bunda galau ya. Apalagi kalau kondisi tersebut membuat bayi Bunda jadi sering menangis karena haus. Atau justru payudara Bunda bengkak duluan, karena enggak sempat mengosongkan ASI.

Menghadapi kondisi bayi mogok menyusui memang menjadi tantangan tersendiri. Tetapi hal tersebut merupakan kondisi yang normal dialami sebagian bayi.


Nah, jika Bunda mengalami hal tersebut, Valerie Ng, seorang konsultan laktasi mengatakan untuk tetap bersikap tenang dan mencari lokasi yang nyaman untuk dilalui bersama buah hati.


"Sebaiknya carilah ruangan yang tenang untuk memberikan stimulasi pada si kecil sehingga mereka kembali bersemangat untuk menyusui karena adanya privasi,"ujarnya dikutip dari Smart Parents.

Hindari Panik, Coba 4 Cara Menghadapi Bayi Mogok NyusuMengatasi bayi mogok menyusu/ Foto: iStock

Selain itu, Bunda juga dapat melakukan beberapa cara lain untuk membuat si kecil kembali bergairah menyusui. Berikut ini beberapa triknya, seperti dikutip dari laman Todays Parent:

1. Periksa lebih lanjut apakah bayi mengalami masalah fisik, seperti misalnya ada infeksi telinga. Biasanya hal itu membuat bayi enggan menyusui karena menimbulkan rasa sakit. Atau adanya infeksi saluran kemih, hidung tersumbat, atau masalah gigi. Bunda dapat mengeceknya lebih detail agar dapat melakukan upaya lebih lanjut.

2.Hindari memberikan dot atau botol susu saat ia mogok menyusui. Sebab, mengisap merupakan kebutuhan alami bayi dan hal tersebut hanya dapat dipuaskannya melalui menyusu langsung di payudara.

3.Pompa atau peras ASI untuk mempertahankan produksi ASI Bunda, serta mencegah saluran yang tersumbat dan adanya infeksi payudara.

4. Bersabar dan jangan coba untuk memaksa si kecil menyusu karena dapat memperburuk keadaan. Jika Bunda ingin si kecil merasa tenang dan rileks, maka Bunda dapat menghabiskan waktu untuk saling memeluk satu sama lain tanpa tekanan.


5.Seringkali waktu terbaik meredakan mogok menyusui ialah ketika mereka tertidur lelap atau baru bangun tidur. Jadi, bersabarlah dan dekati dengan lembut ketika mereka terbangun dan jangan memaksakan sesuatu. Seringkali, bayi pun akan menyusu ketika mereka tertidur lelap.

Selamat mencobanya!

Bunda, simak juga cara mengatasi payudara lecet saat menyusui dalam video berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi