sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Sukses ASI Eksklusif untuk Bunda yang Bekerja

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 26 Mar 2021 09:21 WIB
Woman pumping breast milk at work caption

Memberikan ASI Eksklusif menjadi tantangan yang berbeda lagi bagi Bunda yang bekerja. Tak jarang, pasokan ASI yang ada tak dapat memenuhi demand Si Kecil, sehingga dengan berat hati pemberian ASI putus di tengah jalan. 

Seperti Bunda tahu, ASI merupakan pilihan makanan terbaik untuk bayi. Bagaimanapun caranya, diharapkan Bunda dapat memenuhi kebutuhan ASI buah hati selama 6 bulan pertama dalam hidupnya. 

Bagi Bunda yang bekerja, memenuhi ASI eksklusif dapat dipenuhi dengan cara memompa secara teratur. Pumping secara teratur ini bertujuan agar produksi ASI Bunda tetap maksimal layaknya ketika Bunda menyusui langsung di rumah.


Memang memerah pun membawa kesulitan dan tantangan baru lagi yang harus Bunda hadapi, namun demi memberikan ASI eksklusif dan mengetahui beragam manfaatnya untuk pertumbuhan dengan Si Kecil, Bunda pasti rela menghadapinya, kan?

"Dengan memompa, Bunda masih mendapatkan banyak vitamin dan perlindungan imunologis untuk bayi," kata Marianne Pastore, koordinator program laktasi di Massachusetts General Hospital, seperti dikutip dari laman Parents.

Pastore mengungkapkan memang memerah ASI dapat menjadi tantangan fisik yang tidak mudah. Pada awalnya, saat Bunda menyiapkan stok ASI perah, Bunda bisa merasa seolah-olah dikejar kebutuhan ASI karena dalam sehari bisa memompa ASI 8-12 kali. Payudara pun tak jarang sering terasa sakit. Belum lagi pencucian alat pompa ASI dari botol, pompa ASI, botol susu, dan perangkat lainnya.

Lanjut halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, ada tips memberikan ASI eksklusif dari Nadia Mulya untuk Bunda yang bekerja nih. Simak videonya:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS STOK ASI PERAH UNTUK BUNDA BEKERJA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi