menyusui

6 Tips Penting Mempersiapkan Proses Menyusui Sejak Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 05 Jun 2019 16:00 WIB
6 Tips Penting Mempersiapkan Proses Menyusui Sejak Kehamilan
Jakarta - Sudah umum terjadi kalau menjadi ibu baru bakal menemui segudang drama dalam mengurus si kecil. Salah satunya urusan ASI yang tak kunjung keluar hingga 3-4 hari setelah melahirkan.

Kalau sudah begini tentu rasanya stres dan merasa bersalah campur aduk jadi satu ya. Itu sebabnya, sejak hamil Bunda sudah disarankan untuk mempersiapkan proses menyusui. Sudah tahu caranya belum nih, Bun?


Penting banget bagi Bunda untuk mempelajari berbagai hal seputar menyusui. Makin dini belajar, Bunda pun semakin lancar saat menyusui si kecil saat lahir.


Konsultan laktasi Sue Arsenaulth dari Elmfield mengatakan sangat penting bagi para ibu untuk membaca banyak hal tentang proses menyusui sebelum si kecil lahir. Pertama, membekali diri dengan segudang pengetahuan.

"Bacaan tentang proses menyusui sangatlah bermanfaat termasuk bagaimana mengenali dan mengelola pembengkakan yang sering terjadi sekira hari ketiga atau keempat ketika ASI Bunda keluar,"katanya dikutip dari Todays Parent.

[Kontri1] 6 Tips Penting Mempersiapkan Proses Menyusui Sejak Kehamilan6 persiapan menyusui sejak masih hami/ Foto: iStock

Kedua yang enggak kalah penting, ajak suami bicara dan berikan pengertian kalau Bunda butuh dukungan. Selain suami, ajak orang-orang di sekeliling Bunda mengerti kalau butuh support demi sukses menyusui secara eksklusif. Tak ada salahnya, Bunda coba cara ketiga yaitu bergabung dengan komunitas para ibu menyusui sebelum kelahiran bayi.

Keempat, perhatikan juga soal kesehatan puting dan payudara. Selama kehamilan, payudara mungkin akan membengkak dan menjadi sensitif. Ketika menyusui dimulai Bunda perlu mempersiapkannya dengan baik.

Jangan panik kalau misalnya mengalami kulit kering di area payudara karena puting menjadi sensitif. Langkah kelima, Bunda dapat memijat area tersebut dengan minyak zaitun agar lebih lembab. Pijatan ini pun banyak disarankan dokter untuk dilakukan setelah masuk trimester kedua.

Ngomongin pijatan, Bunda dapat menekan lembut dengan jari-jari sambil menggosokkan minyak. Lakukan di atas puting dengan gerakan memutar lalu dengan lembut tarik puting ke arah luar dengan ibu jari dan telunjuk.

Lakukan pijatan ini dua kali sehari, masing-masing selama lima menit selama kehamilan. Pastikan tidak berlebihan melakukan stimulasi tersebut saat mendekati tanggal persalinan karena dapat memicu persalinan lebih cepat.


Terakhir, hindari mengenakan bra berbahan lycra dan satin selama kehamilan karena dapat menempel di kulit dan dapat membuat area tersebut lembab sehingga menimbulkan rasa gatal dan ruam.

Selamat mempraktikkan di rumah, Bun!

Simak juga tips untuk mempersiapkan produksi ASI yang lainnya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi