menyusui

Unik! Ada Klub Motor yang Siap Mengantar ASI Lho, Bun

Yuni Ayu Amida Selasa, 02 Jul 2019 09:01 WIB
Unik! Ada Klub Motor yang Siap Mengantar ASI Lho, Bun
Jakarta - Jika mendengar kata klub motor, mungkin stigma yang menempel adalah tentang sekumpulan orang-orang yang menggunakan motor untuk berkonvoi ria di jalan raya. Nah, klub motor satu ini berbeda, Bun. Klub motor gede The Sirens, merupakan komunitas motor beranggotakan para perempuan yang memiliki misi mengantarkan ASI ekslusif untuk para bayi.

Dikutip dari detikcom, klub motor yang berasal dari New York, Amerika Serikat ini didirikan tahun 1986. Meski sudah lama berdiri, anggotanya saat ini hanya sekitar 50 orang.


Program pengantaran ASI ini bekerja sama dengan organisasi nirlaba New York Milk Bank (NYMB) yang mengumpulkan donasi ASI dari wilayah setempat. The Sirens lah yang terpilih untuk mengantarnya.


"Jadi, saya mencarinya di Google untuk menemukan klub motor wanita dan menemukan The Sirens Women's Motorcycle Club of New York City," kata Direktur Eksekutif NYMB, Julie Bouchet-Horwitz.

Klub motor The Sirens pun menyambut baik hal ini. President The Sirens, Jen Baquial merasa bahwa hal yang mereka lakukan ini merupakan sebuah kegembiraan, karena komunitasnya kini punya tujuan untuk memberi pelayanan masyarakat.

"Setelah berbicara dengan Julie dan belajar tentang pekerjaan luar biasa yang NYMB telah lakukan untuk memberikan ASI yang menyelamatkan jiwa kepada bayi yang membutuhkannya, saya segera bersemangat dan ingin memberi tahu klub tentang hal itu," jelas Baquial.

Unik! Ada Klub Motor yang Siap Mengantar ASI Lho, BunKlub motor pengantar ASI /Foto: JUSTIN CHAUNCEY PHOTOGRAPHY

Di luar hal tersebut, mereka pun mesti paham soal prosedur pengantaran ASI agar kualitas ASI tetap terjaga. Sebelum diantar, NYMB menyimpan ASI di dalam wadah yang dingin. Nah, ketika ada pemesanan, NYMB mengirimkan pesan kepada relawan melalui WhatsAppp Messenger.

Baquial mengatakan susu dikemas dalam botol oleh NYMB, kemudian ditempatkan di kantong khusus di sepeda motor. Selanjutnya barulah ASI dikirim ke rumah yang membutuhkan.

Bicara soal cara penyimpanan ASI yang benar, dikatakan dr.Asti Praborini, SPA, IBCLC dari RS Permata Depok, prinsip terpenting dalam menyimpan ASI adalah pemilihan wadah dan lama penyimpanan.

Diperlukan wadah bersih yang tertutup rapat untuk menyimpan ASI. Wadah tersebut bisa botol plastik, botol kaca, atau plastik khusus ASI perah (ASIP). Lama penyimpanannya beragam, Bun. Jika disimpan di suhu ruangan (6-8 jam), cooler bag/box (24 jam), kulkas (1-2 hari), freezer 1 pintu (2 pekan), freezer 2 pintu (3-6 bulan), atau deep freezer (6-12 bulan).

"Namun yang paling baik diberikan kepada bayi adalah ASIP yang paling segar atau fresh. Ini adalah ASIP yang sesuai atau paling mendekati usia bayi," tutur Asti dikutip detikcom.


Selain itu, kata Asti bila ASIP beku maka letakkan ASIP di kulkas bagian bawah sampai mencair, kemudian keluarkan dan letakkan di suhu ruangan. ASIP tidak boleh dipanaskan di atas api ya, Bun.

"Bila ingin segera digunakan, bisa dihangatkan. Namun caranya cukup dengan merendam sebentar dalam air hangat hingga mencapai suhu yang diinginkan," jelas Asti.

Simak pula video soal pilih botol pumping ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi