menyusui

Manfaat Menyusui Bayi Lebih dari 6 Bulan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 09 May 2019 19:02 WIB
Manfaat Menyusui Bayi Lebih dari 6 Bulan
Jakarta - PemberianĀ ASI sebaiknya tidak hanya sampai enam bulan saja ya, Bun. Selepas ASI eksklusif, sangat penting untuk meneruskan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun demi menunjang tumbuh kembangnya.

Melansir Huffpost, anak-anak yang disusui selama lebih dari enam bulan mendapat nilai tertinggi pada tes perkembangan kognitif dan motorik selama balita, Bun. Selain itu, pemberian ASI juga dikaitkan dengan keterampilan berpikir dan daya ingat anak yang lebih baik.


"Ada banyak manfaat medis yang signifikan dari menyusui,"kata Dr Dimitri Christakis seorang professor pediatri di University of Washington.


ASI sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan anak, seperti direkomendasikan NHMRC di Australia kalau menyusui sebaiknya dilakukan selama 6-12 bulan dan setelahnya. Demikian pula seperti anjuran WHO agar pemberian ASI berlanjut hingga dua tahun ke atas, seperti dikutip dari Medelabreasfeeding.

Manfaat Menyusui Bayi Lebih dari 6 BulanManfaat menyusui lebih dari 6 bulan/ Foto: iStock

Meskipun sudah diberikan makanan pendamping ASI, Bunda harus tetap menyusui karena memiliki segudang manfaat berikut ini.

1. Menyusui setelah enam bulan membantu bayi mencerna makanan padat

Meskipun bayi mulai makan makanan padat dari usia 6 bulan, jumlah ASI yang dibutuhkan bayi tetap tidak menurun secara signifikan, Bun. Mereka tetap membutuhkan ASI sebagai komponen utama makanan mereka sampai 12 bulan.

Sebagian bayi pun masih menyusu hingga 6-8 kali per hari. Dengan terus menyusui bersamaan dengan pengenalan makanan tidak hanya memastikan nutrisi yang baik untuk si kecil tetapi juga membantu mereka mencerna makanan-makanan lainnya.

2. Saat menyusu, bayi lebih suka makan berbagai rasa makanan

Bayi lebih mungkin mengonsumsi berbagai makanan dengan menyusu. Sebab, ASI dapat berubah dalam rasa dimana hal ini memungkinkan bayi Bunda mengenal berbagai rasa makanan dari apa yang Bunda makan.

3. Menyusui membantu pertumbuhan gigi bayi

Pada beberapa kesempatan, Bunda akan menemukan fase bayi tidak tertarik menyusu. Jangan buru-buru mengambil kesimpulan kalau si kecil harus segera disapih ya, Bun. Sebab, fase tumbuh gigi mungkin sedang mereka alami. Biarkan fase tersebut terlewati dan mereka pun akan kembali menyusu seperti biasanya.


4. Menyusui memberikan perlindungan berkelanjutan

Selama 6-12 bulan setelahnya, Bunda mungkin sudah menyadari kalau bayi jauh lebih aktif dan mencoba memasukkan semuanya ke dalam mulut mereka. Tapi Bunda tidak perlu khawatir sebabĀ ASI sangat penuh perlindungan dan antibodi, bahkan setelah 6 bulan, Bun.

Semoga membantu ya, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara mengatasi puting lecet saat menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait