menyusui

5 Tips Melakukan Power Pumping untuk Dapatkan ASI Melimpah

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 May 2019 08:03 WIB
5 Tips Melakukan Power Pumping untuk Dapatkan ASI Melimpah
Jakarta - Bunda, sudah pernah dengan tentang power pumping? Teman Bubun ada yang menerapkan teknik tersebut, dan hasilnya mencengangkan banget lho. Pasokan ASI jadi berlimpah sehingga enggak perlu khawatir mengenai nutrisi anaknya.

Buat Bunda yang merasa stok ASI-nya enggak banyak, bisa mencoba power pumping secara rutin nih. Menurut ulasan Popsugar, teknik power pumping dikembangkan Catherine Watson, seorang konsultan laktasi bersertifikat internasional. Teknik memompa ASI yang satu ini bisa dijadikan solusi untuk mendongkrak produksi ASI.


Pasalnya, pemompaan yang teratur akan mengirimkan sinyal ke tubuh Bunda untuk menghasilkan lebih banyak ASI. Menerapkan power pumping sama dengan menerapkan kebiasaan untuk mengosongkan pasokan ASI dalam interval cepat, sehingga tubuh dapat memproduksi lebih banyak ASI dibanding biasanya.


"Memompa ASI tidak harus diberi jarak secara merata untuk menjadi efektif. Alih-alih menggunakan interval stimulasi pompa secara berkala untuk membantu stimulasi suplai ASI Bunda, power pumping menyarankan untuk mengambil pola pemompaan secara teratur dan memusatkannya ke dalam proses pemindahan satu jam yang intens untuk mengirimkan pasokan susu yang berlebihan,"kata Genna.

5 Tips Melakukan Power Pumping untuk Dapatkan ASI MelimpahPower pumping/ Foto: iStock

Mengenai waktu pemompaan, Jody Segrave-Daly, IBCLC, seorang neonatal nurse specialist menuturkan bahwa sebaiknya memilih waktu pemompaan selama satu jam tanpa gangguan. Mengikuti pola pemompaan dengan istirahat 10 menit, akan bekerja lebih efektif untuk menaikkan produksi ASI.

"Pasokan susu tertinggi di pagi hari, jadi itulah waktu terbaik untuk melakukannya jika jadwal Bunda memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, bagilah sesi pemompaan menjadi sesi 30 menit dua kali sehari sebagai gantinya, mengikuti pola pompa selama 10 menit, istirahat 10 menit, pompa lagi selama 10 menit, istirahat 10 menit, dan seterusnya,"katanya.

Oh ya, Bun, agar teknik power pumping menghasilkan ASI dengan maksimal, Bunda juga dapat melakukan beberapa tips berikut lho, seperti dikutip dari laman Fedisbest.

1.Menghangatkan payudara selama 10 menit sebelum memompa dimana sangat membantu melemaskan otot-otot sebelum aktivtias memompa ASI dilakukan.

2.Membilas pompa ASI dengan air hangat dan memastikan ukuran dalam perangkat pompa ASI sesuai dengan payudara Bunda.

3.Pompalah dengan kekuatan hisap maksimum sesuai dengan kenyamanan Bunda.

4.Oleskan sedikit pelumas sebelum memompa untuk meminimalisir gesekan dari pemompaan dimana dapat menyebabkan puting sakit jika tidak dilakukan dengan benar.


5.Serta pastikan pompa bekerja dengan baik dengan mengujinya dengan pengukur tekanan.

Selamat mencoba, Bun. (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi