menyusui

4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Setelah Menyusu

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 08 Jul 2019 18:33 WIB
4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Setelah Menyusu
Jakarta - Ada bayi yang justru makin rewel setelah menyusu. Membuat para Bunda jadi kebingungan menghadapinya. Setelah dicek ternyata perutnya kembung dan jadi sering buang angin.

Keadaan seperti ini pasti membuat ibu manapun jadi panik berat ya, Bun. Tetapi, Bunda enggak perlu khawatir berlebihan. Sebab, masalah perut kembung pada bayi merupakan hal yang normal.

Melansir Texas Children, gas merupakan bagian yang normal dari sistem gastrointestinal (GI) dan kita semua memiliki gas di dalam tubuh. Perut bayi yang menjadi kembung setelah menyusu, kemungkinan disebabkan dari pola minum ASI yang terlalu cepat, menelan terlalu banyak udara atau mencerna makanan tertentu. Sehingga membuat gas terjebak di dalam perut.


Dalam hal ini, gas dapat berlebihan dan membuat rewel dikarenakan sistem gastrointestinal pada bayi belumlah matang. Itu sebabnya, mereka sering mengalami gas yang berlebihan yang ditandai dengan perut kembung serta buang angin. Kondisi ini biasanya akan membuat bayi lebih rewel. Tidak perlu dikhawatirkan karena keadaan ini tidaklah berbahaya.

Shelly Nalbone, MS, RN, CPNP, IBCLC, seorang spesialis menyusui dari Texas Children Hospital mengungkap sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa makanan tertentu dapat menyebabkan masalah pada usus bayinya. Beberapa bayi mungkin bereaksi terhadap makanan tertentu, tetapi tak berarti ada daftar makanan khusus yang harus dihindari saat ibu menyusui.

3 Cara Mengatasi Perut Bayi Kerap Kembung Setelah MenyusuFoto: iStock

"Sebagian besar bayi menolerir makanan yang dikonsumsi ibu mereka. Tetapi penting untuk tetap memperhatikan pola makan Bunda. Jika Bunda memperhatikan bahwa setiap kali Bunda makan sesuatu dan bayi jadi rewel, cobalah untuk menghindari makanan tersebut sementara waktu dan lihatlah apa yang terjadi. Beberapa makanan seperti kangkung, bayam, kacang-kacangan, bawang putih, paprika, atau makanan pedas dapat menyebabkan gas pada bayi," ujarnya.

Ya, gangguan seperti ini memang bisa datang kapan saja. Untuk itu, Bunda hanya perlu melakukan tindakan preventif dengan memperhatikan lebih detail gejala pada bayi saat mereka rewel berlebihan. Selain memerhatikan asupan yang dikonsumsi, Bunda juga dapat meredakan gas berlebihan pada bayi dengan cara berikut ini, seperti dikutip dari laman Happy Family Organics:

Tummy Time

Posisi ini dapat menekan perut bayi dengan lembut dan membantu mendorong keluar gas yang terperangkap di perutnya. Tunggu setidaknya 30 menit setelah menyusui, untuk memungkinkan perut bayi Bunda tenang sebelum tummy time.

Gendong bayi menghadap ke bawah

Cobalah menggendongnya dengan menghadap ke bawah dan tubuh bertumpu pada lengan Bunda serta dagunya berada di siku Bunda. Pastikan memiringkan kepalanya ke samping agar hidung atau mulutnya tidak tersumbat. Bawalah si kecil dalam posisi menghadap ke bawah, dengan tujuan memberikan tekanan lembut yang sama pada perutnya.

Sendawakan bayi setelah menyusui

Jangan lupa untuk selalu menyendawakan bayi setelah menyusui. Berikan bayi waktu beristirahat satu atau dua menit untuk menyusu, karena kemungkinan bayi menelan terlalu banyak udara dengan cepat.

Menyusui secara miring

Saat menyusui, pegang bayi dengan sudut yang lebih besar dan pastikan kepala serta lehernya sedikit lebih tinggi dari perutnya. Jagalah bayi tetap tegak selama 30 menit setelah menyusui agar dapat membantunya tetap nyaman.

Selamat mencoba, Bun.

Cari tahu juga yuk, rahasia sukses ASI eksklusif dari Nadia Mulya dari tayangan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi