menyusui

Mengatasi Gangguan Sariawan Payudara pada Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 08 Aug 2019 10:59 WIB
Mengatasi Gangguan Sariawan Payudara pada Ibu Menyusui
Jakarta - Permasalahan sariawan ternyata bisa menyerang payudara ibu menyusui. Kondisi ini tentu makin mempersulit proses menyusui buah hati.

Si kecil menangis terus karena proses menyusunya jadi enggak nyaman. Setelah ditelisik, ternyata ada bintik kecil di puting susu dan juga di mulut si kecil seperti halnya sariawan. Waduh, bagaimana ya cara mengatasinya, Bun?

Infeksi pada puting payudara dan mulut si kecil ini memang terasa menyakitkan. Kemungkinan Bunda untuk terus menyusui bisa jadi terhalang. Begitupun dengan si kecil yang sedang mengalami sariawan.


Leigh Anne O'Connor, konsultan laktasi di La Leche League New York mengatakan, kondisi sariawan memang akan membuat ketidaknyamanan. Dan tentunya diperlukan pengobatan agar gejala tersebut segera mereda, seperti dikutip dari Romper.

Mengatasi Gangguan Sariawan Payudara pada Ibu MenyusuiMengatasi sariawan payudara/ Foto: iStock

Sebelum itu terjadi, Bunda bisa melakukan pencegahan dengan memastikan telah mensterilkan seluruh perlengkapan yang digunakan untuk memompa ASI dan juga perlengkapan makan si kecil, Bun.

"Bunda perlu merebus setiap bagian dari botol, dot, pompa ASI, dan apa pun yang bayi Bunda masukkan ke dalam mulutnya,"kata O'Connor.

Sementara itu, untuk menyembuhkan sariawan pada puting Bunda, O'Connor merekomendasikan penggunaan Gentian violet yang dijual bebas untuk membantu mempercepat pemulihan.

"Bunda juga dapat mengoleskannya dalam mulut bayi sebelum menyusui sehingga mulut dan putingnya berwarna ungu,"sarannya.

Melansir Very Well Family, pencegahan terhadap sariawan sangat penting dilakukan. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan yakni dengan mencuci tangan dengan benar. Lalu, lakukan sesering mungkin terutama sebelum menyusui, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah mengganti popok. Sebab, mencuci tangan secara teratur dapat mencegah penyebaran penyakit umum termasuk sariawan.

Tak kalah penting, jika Bunda menggunakan breast pads pastikan untuk sesering mungkin menggantinya. Hal ini dikarenakan breast pads yang dipenuhi ASI dapat memberikan lingkungan hangat, gelap dan manis bagi organisme seperti ragi untuk tumbuh.

Jangan lupa juga untuk teratur mengganti bra setiap hari dan setiap kali basah. Lalu cucilah bra dan pakaian dengan air panas agar tetap bersih dan segar. Hindari juga untuk menggunakan segala jenis krim puting susu di payudara Bunda, kecuali diperlukan. Karena krim-krim tersebut dapat menahan kelembaban dan memungkinkan bakteri serta jamur berkembang.

Serta, jagalah segala sesuatu yang bersentuhan dengan bayi dan payudara selalu bersih. Cuci mainan, dot, teether, botol, dan puting dengan air hangat.

Selamat mencoba, Bun.

Penjelasan mengenai manfaat menyusui terkait kanker bisa Bunda dapatkan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi