menyusui

Tips Aman Minum Obat untuk Bunda Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 02 Aug 2019 15:55 WIB
Tips Aman Minum Obat untuk Bunda Menyusui
Jakarta - Sakit menjadi musibah yang enggak pernah bisa diprediksi kapan datangnya. Hal ini mendatangkan kegalauan tersendiri untuk banyak ibu menyusui.

Ingin minum obat tetapi khawatir berefek negatif pada buah hatinya. Hmm, terus harus bagaimana ya ketika ibu menyusui sakit dan memerlukan konsumsi obat tertentu?

Tenang Bun, menurut laporan American Academy of Pediatrics, seperti dikutip dari Huffpost, sebagian besar obat-obatan sebenarnya aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.


Tetapi, memang ada sebagian besar obat-obatan yang biasanya dipertimbangkan risiko dan manfaatnya dengan memperhatikan kesehatan dan usia bayi, sehingga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui.

"Ada relatif sedikit obat yang harus dihindari atau tidak dapat diminum ketika Bunda menyusui," ujar Dr Ruth Lawrence, Professor of Pediatrics and Obstetrics & Gynegology di University of Rochester Medical Center.

Melansir Healthy Children, bagi Bunda yang menyusui dan berencana mengonsumsi obat tertentu memang sebaiknya mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter. Meskipun banyak obat aman dikonsumsi bagi ibu menyusui, beberapa diantaranya dapat memiliki efek samping yang serius bagi Bunda sendiri ataupun buah hati.

Tips Aman Minum Obat untuk Bunda MenyusuiMinum obat yang aman untuk ibu menyusui/ Foto: iStock

Untuk alasan tersebut, American Academy of Pediatrics (AAP) pun merekomendasikan agar ibu menyusui hanya mengonsumsi obat hanya ketika benar-benar diperlukan dan mengambil dosis terendah untuk waktu sesingkat mungkin.

Jika memungkinkan, gunakan obat yang bekerja singkat (obat yang dieliminasi oleh tubuh dengan cepat) daripada obat yang bekerja lebih lama. Kemudian, perhatikan pula reaksi pada bayi Bunda. Jadi, ketika ibu menyusui meminum obat apa pun, perhatikan dengan cermat reaksi buah hati termasuk apakah mereka kehilangan nafsu makan, diare, kantuk, menangis berlebihan, muntah, atau ruam kulit. Terpenting, segera hubungi dokter anak Bunda jika salah satu dari gejala tersebut muncul ya, Bun.

Semoga membantu, Bun. Tetap semangat mengASIhi.


Catat yuk, Bun, 9 keperluan yang wajib dipersiapkan ibu menyusui seperti penjelasan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi