menyusui

Bunda, Kenali Penyebab Si Kecil Mogok Nyusu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 03 Aug 2019 14:05 WIB
Bunda, Kenali Penyebab Si Kecil Mogok Nyusu
Jakarta - Tadi pagi, si kecil masih mau menyusu tapi pas siang kok jadi ogah-ogahan dan cenderung menjauhi payudara ya. Jadi bingung deh dengan penolakan si kecil.

Sabar ya, Bun, sikap si kecil yang kerap mogok nyusu juga dirasakan kok banyak Bunda lainnya. Menghadapi perubahan semacam ini, butuh kesabaran ekstra agar nutrisi si kecil enggak terganggu.

Sabar menjadi kunci penting, agar Bunda enggak ikutan stres, Maklum saja, payudara jadi bengkak dan mood jadi kacau karena si kecil enggan 'nenen'. Belum lagi, rasa khawatir pun ikut muncul karena takut si kecil kurang asupan gizi.


Elie Niyibizi, seorang dokter anak di Muhima Hospital mengatakan bahwa penolakan ASI bisa menjadi salah satu masalah yang paling menyedihkan bagi seorang ibu baru.

"Bayi memang dapat menolak menyusu pada usia berapa pun dan alasan untuk melakukannya berbeda dengan tahap perkembangannya. Orangtua dalam hal ini perlu memahami bahwa situasi seperti itu dapat terjadi terutama karena tiga hal yakni dari sisi bayi, dari ibu, dan dari suplai ASI," Niyibizi dikutip dari Newtimes.

Bunda, Kenali Penyebab Si Kecil Mogok NyusuPenyebab bayi mogok nyusu/ Foto: iStock

Menurutnya, ketika ada ketidaknyamanan saat mengisap payudara maka jelas bayi akan kesulitan menyusu. Jika bayi itu sendiri tidak sehat, misalnya usai mendapatkan vaksinasi, atau beberapa penyakit lainnya seperti demam, ini juga dapat menyebabkan kegagalan dalam menyusu, tambahnya.

Melansir Mayo Clinic, penyebab si kecil mogok menyusu juga dapat disebabkan rasa nyeri yang membuatnya tidak nyaman. Misalnya saja si kecil sedang tumbuh gigi, sariawan, dan pilek. Selain itu, pemberian makan yang tertunda juga dapat menyebabkan kerewelan dan kesulitan menyusu.

Oh ya, Bun, penolakan bayi menyusu juga bisa lho disebabkan karena aroma atau rasa yang tidak biasa dari Bunda. Misalnya saja terjadi perubahan bau Bunda karena adanya penggunaan sabun baru, parfum, losion, atau deodoran dimana dapat menyebabkan bayi kehilangan minat menyusu.

Sementara pada perubahan rasa ASI biasanya dipicu faktor makanan yang Bunda makan, menstruasi, atau sedang hamil lagi dimana juga dapat memicu serangan mogok menyusu pada si kecil. Serta perhatikan juga apakah pasokan ASI Bunda berkurang atau tidak. Sebab, hal ini juga dapat menjadi penyebab si kecil mogok menyusu.

Jika hal di atas Bunda rasakan, tak perlu khawatir menghadapinya ya, Bun. Tetap bersabar dan teruslah mencoba menyusuinya setiap waktu. Tetap semangat mengASIhi, Bun.

Cari tahu juga yuk cara meningkatkan produksi ASI, seperti penjelasan tayangan berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi