menyusui

Perlukah Ibu Menyusui Mengonsumsi Multivitamin?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 01 Aug 2019 15:31 WIB
Perlukah Ibu Menyusui Mengonsumsi Multivitamin?
Jakarta - Banyak Bunda menyusui khawatir kalau kandungan ASI-nya kurang bernutrisi. Demi memberikan nutrisi terbaik untuk anak, mereka memutuskan mengonsumsi multivitamin sebagai nutrisi tambahan. Bunda juga termasuk di dalamnya?

Proses panjang menyusui memang tidaklah mudah ya, Bun. Ada banyak tantangan yang perlu Bunda lewati. Selain fokus pada peningkatan produksi ASI, pemenuhan makanan bergizi juga sangat penting dipenuhi. Hal ini untuk menjaga kecukupan ASI yang berkualitas demi tumbuh kembang si kecil.

"Penting bagi ibu menyusui untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, tetap terhidrasi, dan beristirahat untuk memiliki lebih banyak energi dan tetap sehat,"ujar Michelle Ross, RD, LD, ALC, ahli diet dan konsultan laktasi dari Nationwide Children Hospital, dikutip dari Womansday.


Ross mengingatkan agar para ibu menyusui memilih makanan secara selektif. Sebab, apa yang dimakan ibu menyusui merupakan makanan yang juga dimakan buah hati.

"Untuk membuat produksi susu berkualitas, penuhi asupan yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu, protein, dan lemak sehat. Makanan yang sehat juga akan dicerna dan diteruskan langsung dari ibu ke bayi yang disusui,"ujar Lisa Lewis, MD, dokter anak di Fort Worth, Texas.
Perlukah Ibu Menyusui Mengonsumsi Multivitamin?Multivitamin untuk ibu menyusui/ Foto: iStock

Nah, di luar makanan bergizi yang dipenuhi setiap harinya, kebutuhan nutrisi yang tinggi selama menyusui juga membuat para ibu menyusui menyisipkan multivitamin sebagai tambahan nutrisi dalam kebutuhan gizi hariannya.

Mengenai hal tersebut, banyak ahli mengatakan bahwa penambahan multivitamin untuk memastikan ibu menyusui mendapatkan cukup nutrisi yang optimal memang masih diperlukan, seperti dikutip dari American Pregnancy.

Beberapa ibuĀ menyusui memilih untuk melanjutkan dengan vitamin prenatal yang sama digunakan selama kehamilannya. Ya, ibu menyusui memiliki kebutuhan nutrisi yang unik, dimana juga memerlukan tambahan dari vitamin prenatal khusus. Hal ini diperlukan guna memastikan kesehatan yang optimal pada ibu dan bayi.

Jadi, enggak perlu khawatir lagi ya, Bun, mengenai prosesĀ menyusui yang memang cukup berat dan melelahkan. Terpenting, tetap penuhi nutrisi harian secara maksimal dengan makanan bergizi dan Bunda pun dapat menambahkan multivitamin sesuai kebutuhan. Agar lebih aman, konsultasikan hal tersebut pada dokter terlebih dahulu sehingga Bunda mendapat multivitamin yang aman dikonsumsi selama menyusui.

Tetap semangat mengASIhi, Bun.

Bunda simak juga yuk penjelasan mengenai posisi menyusui dan pelekatan yang benar!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi