menyusui

Hal-Hal yang Menjadikan Momen Menyusui Jadi Menyenangkan

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 30 Aug 2019 19:37 WIB
Hal-Hal yang Menjadikan Momen Menyusui Jadi Menyenangkan
Jakarta - Masa-masa menyusui menjadi pengalaman yang menakjubkan untuk para Bunda. Mulai dari membangun bonding dengan anak sampai nyeri payudara pun tak terhindarkan.

Puting lecet, berdarah, digigit anak sudah jadi hal yang biasa dirasakan ibu menyusui. Belum lagi kalau payudara bengkak dan jadi mastitis, rasanya sakit bukan main.

Nah, harus sabar ya, Bun. Menyusui memang momen yang paling menantang sekaligus menakjubkan. Bagi Bunda yang menjadi orangtua baru, mungkin proses ini terasa sulit dilalui. Tapi tetap harus dilalui karena menyusui adalah proses alami yang hanya membutuhkan kesabaran dan terus berlatih.


Ubahlah semua rasa tak menyenangkan tersebut menjadi kebahagiaan demi tumbuh kembang buah hati, Bun. Melansir Parents, agar proses menyusui menjadi menyenangkan sebaiknya Bunda tetap fokus dan jauhkan kekhawatiran yang kerap menghampiri. Singkirkan rasa gugup dan khawatir bahwa bayi Bunda tidak minum cukup ASI dan sebagainya.

Hal-Hal yang Menjadikan Momen Menyusui Jadi MenyenangkanMembuat momen menyusui jadi menyenangkan/ Foto: iStock

"Tetaplah fokus pada dua hal. Bayi mengisap dan kotoran yang dihasilkan. Anggap saja seperti yang dilakukan pada mesin popcorn. Tak ingin ada jeda berlama-lama dan selalu menyusu terus menerus,"ujar Maya Bunik M.D, professor of pediatrics dari University of Colorado School of Medicine.

Oh ya, Bun, jangan pedulikan pula seberapa besar ukuran payudara Bunda. Sebab, payudara kecil tidak berarti sedikit menghasilkan ASI.

"Sebagian besar ibu menyusui mampu menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya, tidak peduli seberapa ukuran payudaranya,"kata Deedee Franke R.N, konsultan laktasi di Merci Medical Center di Baltimore.

Menciptakan suasana menyenangkan selama menyusui juga dapat ditunjang dengan memperdalam pengetahuan seputar menyusui, Bun. Semakin Bunda mengetahuinya sejak dini maka akan semakin membuat Bunda percaya diri saat menyusui, seperti dikutip dari laman Theindusparents.

Tak kalah penting, ketahuilah posisi menyusui yang tepat. Ingat ya, Bun, mulut bayi Bunda harus terbuka lebar dengan puting susu sejauh mungkin ke dalam mulutnya. Hal inilah yang akan meminimalisir rasa sakit saat menyusui.

Ingat juga, jangan memberikan bayi Bunda apa pun selain ASI. Entah itu air gula atau suplemen lain, jangan pernah memberikannya pada buah hati ya, Bun.

Meskipun Bunda merasa tidak cukup memproduksi ASI, tetaplah fokus dan percaya diri bahwa ASI akan diproduksi secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan si kecil. Sebab, dengan memberikan berbagai asupan lainnya justru akan mengganggu nafsu makan bayi Bunda untuk menyusui dimana hal itu dapat menyebabkan pasokan ASI berkurang.

Tetap semangat mengASIhi, Bun, dan simak juga perawatan ibu menyusui agar ASI lancar!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi