menyusui

Boleh Menyusui Dua Anak Bersamaan Seperti Ryana Dea, Tapi...

Yuni Ayu Amida Rabu, 04 Sep 2019 09:36 WIB
Boleh Menyusui Dua Anak Bersamaan Seperti Ryana Dea, Tapi...
Jakarta - Kelahiran anak kedua pada 10 Juli 2019 jadi pelengkap kebahagiaan rumah tangga artis Ryana Dea dan Puadin Redi. Namun, jarak usia anak pertama dan kedua yang tidak begitu jauh membuatnya harus memberikan ASI pada keduanya.

Dalam unggahan di akun Instagram @ryana_dea, bunda 29 tahun ini membagikan potretnya saat menyusui kedua buah hatinya, Qiandra dan Davi. Ia pun menceritakan alasan kenapa masih menyusui si sulung, yang sebentar lagi akan genap dua tahun.

"Awalnya emang aneh' bgt rasanya pas mimik'in Qiandra lg after lahiran davi, krn dia skr udh punya gigi belom lg iseng suka digigit warbiasa bgt rasanya," tulisnya di Instagram.


"Tp krn emang udh niat pas abs lahiran pengen kasih asi lg buat Qiandra yaudah terima aj hehe tp tetep bahagia pas bs tatapan lg dnger dia ngoceh2 dan iseng nyolokin mata hidung sgala macem nya aahh rindu sekali itu semua," sambungnya.

Bunda kelahiran Bengkulu ini juga mengaku masih sulit melepaskan anak perempuannya untuk disusui. Qiandra bisa merengek, bahkan sampai menangis jika tidak diberi ASI.

"Dia gak pernah sama skali gangguin klo adeknya mimik atau jahatin adeknya krn dia sayang sekali sama adeknya tp dia terus berusaha gmn caranya agar dia dikasih sebelahnya," terang Ryana.

[Gambas:Instagram]


Menyusui dua anak bersamaan seperti Ryana Dea dikenal dengan tandem nursing, Bun. Nah, menurut konselor laktasi, dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, jika ibu ingin menyusui dua anak secara bersamaan, yang perlu diperhatikan adalah kecukupan ASI bagi si bayi.

"Untuk tandem nursing atau menyusui sang kakak dan adik dalam waktu yang sama, boleh saja dilakukan, namun harus mengutamakan sang adik karena masih dalam masa ASI eksklusif, di mana ASI adalah satu-satunya asupan baginya," terang Asti, dikutip dari detikcom.

Selain itu, kata Asti, kalau Bunda memang memilih untuk tandem nursing, disarankan untuk rutin berkonsultasi dengan dokter laktasi agar dapat dikawal proses menyusuinya dengan baik. Sehingga, proses menyusui menjadi menyenangkan dan menenangkan.

Perlu diperhatikan juga, jika si kakak belum genap dua tahun dan masih menikmati ASI atau belum disapih, sebaiknya si kakak sudah diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Tujuannya agar ASI bukan lagi asupan utama untuknya.

Simak pula perlengkapan ibu menyusui dalam tayangan berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi