menyusui

Bunda, Kenali Tanda-tanda Anak Siap Disapih

Asri Ediyati Kamis, 19 Sep 2019 16:30 WIB
Bunda, Kenali Tanda-tanda Anak Siap Disapih
Jakarta - Ketika anak sudah beranjak dua tahun, tentu Bunda akan memutar otak untuk tahu cara menyapih yang terbaik. Namun sebelumnya, apa itu menyapih? Dikutip dari Baby Centre, menyapih adalah menghentikan anak untuk menyusui karena dianggap sudah mendapatkan semua nutrisi dari sumber lainnya selain dari payudara.

Meskipun bayi bisa juga disapih dari botol, istilah ini biasanya merujuk pada saat bayi berhenti menyusui. Menyapih tidak selalu menandakan akhir dari ikatan intim yang Bunda dan anak ciptakan melalui menyusui. Menyapih berarti Bunda mengasuh anak dengan cara yang berbeda, ya, si kecil sudah mulai beranjak besar, Bun. Hiks, jadi mellow ya?

Lalu, apa tanda anak siap disapih? dr. Meta Hanindita, Sp.A. dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan tanda anak sudah siap disapih misalnya dia sudah mengerti kalau tidak minum ASI lagi. "Tidak harus tidur sambil menyusu misalnya. Intinya, anak sudah bisa lepas dari ASI," jelasnya dikutip dari detikcom.


Tanda lainnya, refleks dorong lidahnya yang aktif akan menghilang, atau berangsur menghilang. Alhasil, anak sering rewel ketika menyusu. Sementara itu menurut dokter spesialis anak Madhu Desiraju, MD, waktu menyusui lama-kelamaan menjadi lebih pendek daripada biasanya. Anak mudah teralihkan perhatiannya ketika menyusu.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: ilustrasi/thinkstock

"(Anak) 'bermain' payudara sang ibu, seperti terus-menerus menarik atau menggigit. Bayi yang menggigit saat menyusui harus segera diambil dari payudara dan berkata dengan tenang tetapi tegas, 'Jangan menggigit. Menggigit sakit.'" tulis dokter yang berpraktik di Nemours Children's Primary Care, Lake Nona Pediatrics, dikutip dari Kids Health.

Disebut Desiraju, anak siap disapih jika ia hanya menyusu demi kenyamanannya saja. Artinya si kecil hanya mengisap puting tapi tidak mengisap ASI-nya. Nah, jika Bunda sering menyusui anak demi kenyamanan, Bunda harus menemukan cara lain untuk membuatnya merasa lebih baik.

Bisa dengan baca buku, nyanyikan lagu bersama, atau mainkan di luar saja. Jika anak protes, cobalah untuk tetap tenang dan bersikap tegas. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui sikap anak sebagai tanda siap disapih. Jangan lupa konsultasikan dengan konselor laktasi bila memang diperlukan, Bun.

Simak pentingnya peran suami saat istri menyusui melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi