menyusui

8 Ucapan Manis untuk Semangati Ibu Menyusui

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 01 Aug 2019 16:56 WIB
8 Ucapan Manis untuk Semangati Ibu Menyusui
Jakarta - Dukungan amat diperlukan untuk ibu menyusui, terutama dari suami, keluarga, dan teman. Setelah melahirkan, Bunda memang perlu memberi ASI eksklusif si kecil selama 6 bulan. Dianjurkan, lanjut menyusui si kecil sampai usia 2 tahun ya, Bun.

Soal pemberian ASI pada anak, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memang merekomendasikan sampai anak berusia 2 tahun atau lebih. dr Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC menjelaskan setelah berusia dua tahun lebih umumnya anak bisa menyapih dirinya sendiri.

Kata wanita yang akrab disapa dr Wi ini, jelang usia 2 tahun anak bisa mulai diajak bicara dan diberi pengertian bahwa ia sudah besar dan perlu belajar minum cairan lain seperti air putih atau sari buah dengan gelas.


"Dengan syarat dampingi anak dengan memantau grafik pertumbuhan anak. Lalu perhatikan perkembangan kognitif, fisik, bicara, sosial dan emosionalnya," kata dr Wi.

Di atas usia 2 tahun, jika nutrisi anak terpenuhi dengan baik, frekuensi menyusunya paling-paling hanya 3 sampai 5 kali. "Menyusui bisa dilanjutkan selama ibu dan anak menginginkannya. Menyusui di atas usia 1 tahun adalah hal yang normal. Sampai anak usia 3 tahun menyusui masih boleh," ucap dr Wi.

Nah, dalam rangka pekan ASI sedunia yang jatuh pada tangga 1 - 7 Agustus, dukungan untuk par ibu menyusui bisa disampaikan melalui ucapan manis yang bisa menyemangati Bunda dalam mengASIhi si kecil. Berikut ucapan manis tersebut dilansir Wise Old Saying.

1. Anak enggak cuma mendapat ASI dari menyusu, dia juga mendapat energi dari sang ibu - Stephen Gaskin.

2. Menyusui adalah tindakan berdasarkan insting yang alami. Nyatanya, hampir semua wanita bisa menyusui, menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya, dan belajar mengatasi masalah yang besar juga kecil. Ini umumnya hanya tentang pengetahuan dan praktik, bukan keberuntungan. - La Leche League

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Hal sederhana dan lebih yang didapat dari menyusui adalah menyelamatkan nyawa ribuan anak tiap tahun. - Anne M Mulcahy

4. Ketika menyusui kelihatan bukan pilihan tepat untuk semua orang tua, tapi menyusui adalah pilihan paling tepat untuk bayi. - Amy Spangler

5. Kekuatan alami dari menyusui adalah salah satu keajaiban dunia. Ini tentang cinta yang sebenarnya dan menjaga serta merayakan kebahagiaan dalam memelihara kehidupan baru. Ini juga tentang menikmati kala menjadi sosok wanita. - Anwar Fazal

6. ASI bukan cuma makanan, ini juga pelengkap untuk membuat organ bayi matang. - Peter Hartmann.

7. Menyusui itu luar bisa, kamu bisa benar-benar merasakan perutmu mengecil setiap kali menyusui. - Melanie Brown



8. Menyusui adalah hadiah untuk para ibu, bayinya, dan dunia. - Pamela K Wiggins.

Bunda, simak juga tips meningkatkan produksi ASI di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi