menyusui

Ibu Menyusui Mau Warnai Rambut? Simak Tips Aman agar Tak Bahayakan ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 01 Nov 2019 17:15 WIB
Ibu Menyusui Mau Warnai Rambut? Simak Tips Aman agar Tak Bahayakan ASI
Jakarta - Menyusui di awal kelahiran bayi mendatangkan tantangan baru untuk ibu baru. Salah satunya dalam meredam keinginan pribadi demi kesehatan si kecil.

Banyak peraturan yang benar-benar harus ditaati agar ASI Bunda dapat memenuhi nutrisi si kecil. Makanan dan gaya hidup sehat menjadi dua hal yang tidak boleh dikesampingkan.

Sebagai hiburan, sebagian Bunda ingin mempercantik diri agar tak terlalu lelah dengan tugasnya mengurus bayi. Di antaranya bahkan ada yang ingin mewarnai rambut agar tetap terlihat cantik di depan suami.


Tetapi nih, Bun, seringkali banyak yang galau kalau soal mewarnai rambut. Kekhawatiran kalau pewarna rambut akan mempengaruhi ASI yang diminum buah hati membuat keinginan mewarnai rambut jadi tertunda. Nah, sebenarnya bagaimana kiat amannya ya, Bun?

Ibu Menyusui Mau Warnai Rambut? Simak Tips Aman agar Tak Bahayakan ASIIbu menyusui mewarnai rambut/ Foto: iStock

Melansir Modern Mom, mewarnai rambut selama kehamilan dan menyusui sebenarnya aman-aman saja. Karena tidak adanya banyak kontak dengan bahan kimia pewarna rambut yang terjadi. Sehingga, risiko dari konsekuensi kesehatan yang negatif dapat dihindari. Selain itu, bahan kimia dalam pewarna rambut tidak akan memasuki persediaan ASI Bunda dan tidak akan sampai ke bayi, Bun.

"Paparan pewarna rambut dan produk perawatan rambut menghasilkan penyerapan yang sangat terbatas dalam tubuh selama kulit kepala tidak terpotong,"ujar Dr Sheila Loanzon, seorang obgyn di California.

Dr Loanzon juga mengatakan sebaiknya Bunda pergi ke ahlinya daripada melakukannya sendiri. "Penting sekali untuk memastikan pewarnaan rambut dilakukan di area yang memiliki ventilasi baik sehingga Bunda tidak menghirup asapnya," katanya seperti dikutip dari laman Theevery Mom.

Ketika Bunda memilih melakukannya sendiri, risiko seperti mengalami ruam dan iritasi akibat pemutih dan bahan kimia lainnya akan lebih besar. Untuk itu, serahkan pewarnaan rambut tersebut kepada ahlinya ya, Bun.

Mengenai warna rambut untuk ibu menyusui, pilihan teknik ombre atau balayage dapat menjadi pilihan dimana menciptakan tampilan alami. Serta, pilihlah pewarna alami dan tidak beracun. Hindari produk berbasis amonia, phthalate, dan peroksida, serta oleskan pewarna beberapa milimeter dari kulit kepala untuk mengurangi paparan.

Terpenting, lindungi rambut Bunda selalu dari kekeringan. Gunakan selalu satu set sampo dan kondisioner yang dirancang khusus, untuk rambut diwarnai. Ibu menyusui dapat menggunakannya minimal satu kali seminggu, serta hindari pula dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan ya, Bun.

Semoga membantu!

Cerita Tasya Kamila menyuusi juga menarik untuk disimak nih, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi