menyusui

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Kurang Nutrisi

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 26 Oct 2019 11:20 WIB
Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Kurang Nutrisi
Jakarta - Banyak ibu menyusui merasa kurang percaya diri ketika ASI yang dihasilkan sedikit. Mereka jadi menerka-nerka apakah kandungan ASI-nya juga kurang berkualitas.

Hal itu tentu wajar menghantui ibu menyusui, karena khawatir dapat menghambat tumbuh kembang buah hatinya secara maksimal.

ASI yang berkualitas memang tidak hanya ditandai dengan pasokan yang berlimpah, Bun. Asupan yang Bunda makan sangat mempengaruhi kandungan ASI yang dihasilkan.


Salah satu cara untuk membuat ASI berkualitas, Bunda harus memenuhi kebutuhan gizi harian dengan makanan dan minuman bergizi. Dengan begitu, ASI yang dihasilkan tentunya akan bernutrisi tinggi.

Menurut Catherine Brenna, seorang konsultan laktasi, ketika ibu menyusui tidak makan dengan baik hal tersebut tidak saja memengaruhi produksi ASI tetapi juga dapat berpengaruh pada tingkat energi, suasana hati, serta pemenuhan gizi dari buah hati, Bun.

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Kurang NutrisiPenyebab dan cara mengatasi ASI kurang bernutrisi/ Foto: iStock

"Penting sekali untuk ibu menyusui makan dengan baik dan makan dengan cukup karena kesehatan secara keseluruhan bergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsi,"ujar Brennan seperti dikutip dari laman Hello Giggles.

Ditambahkan Brennan, agar ASI bernutrisi maka ibu menyusui sebaiknya memerhatikan asupan yang dikonsumsinya. Pertama, penuhi kebutuhan makanan yang kaya asam lemak omega-3, vitamin D, dan probiotik.

Melansir Mayo Clinic, ASI yang bernutrisi tinggi diketahui dapat juga memberikan gizi seimbang pada bayi. Hal itu nantinya akan membantu memaksimalkan masa pertumbuhannya. Tak hanya itu, ASI yang bernutrisi juga diketahui dapat meningkatkan imunitas secara maksimal. Sebab, selama menyusui, sel-sel, hormon, dan antibodi dalam ASI akan terus meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, Bun.

Oh ya, Bun, ASI yang bernutrisi juga dapat membantu seorang bayi meningkatkan kesehatannya. Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama menyusui terus dan semakin banyak ASI yang diminum bayi, maka semakin baik bagi kesehatan.

Nah, mengingat pentingnya nutrisi dalam ASI, jadi jangan malas memenuhi kebutuhan gizi harian dengan seimbang ya, Bun. Tetap semangat mengASIhi, Bun!

Bunda kenali tongue tie yang membuat bayi jadi susah menyusu yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi