kehamilan

Ibu Hamil Bisa Sakit Ginjal Gara-gara Dirawat di RS, Apa Sebabnya?

Asri Ediyati Selasa, 12 Nov 2019 11:01 WIB
Ibu Hamil Bisa Sakit Ginjal Gara-gara Dirawat di RS, Apa Sebabnya?
Jakarta - Selama hamil kita berharap selalu sehat, begitu pula dengan janin. Namun, penelitian terbaru ini sepertinya membuat kita jadi lebih waspada dan makin jaga kesehatan saat hamil. Ya, sebuah studi yang dipresentasikan di ASN Kidney 2019 di Walter E Washington Convention Center di Washington DC, mengungkap jumlah ibu hamil yang dirawat inap dan mengalami sakit ginjal meningkat.

Lalu, peneliti mengungkap bahwa wanita mengalami sakit ginjal akut saat hamil bakal berisiko meninggal daripada yang tak mengalaminya. Cedera ginjal selama kehamilan ini dikaitkan dengan morbiditas dan mortalitas ibu dan janin yang signifikan.

Untuk mempelajari masalah tersebut, Silvi Shah, MD (dari University of Cincinnati), dan rekan-rekannya menganalisis catatan dari Sampel Rawat Inap Nasional 2006-2015, sebuah database AS yang berisi informasi tentang lebih dari 7 juta rawat inap setiap tahun.

Para peneliti mengidentifikasi 42.190.790 rawat inap selama kehamilan, dan tingkat keseluruhan rawat inap yang melibatkan cedera ginjal akut adalah 0,08 persen. Angka ini meningkat 0,04 persen dari 2006 menjadi 0,12 persen pada 2015.


"Wanita dengan cedera ginjal akut saat hamil, usianya lebih tua daripada mereka yang tidak mengalaminya," ungkap peneliti.
Ilustrasi ibu hamil/Ilustrasi ibu hamil// Foto: iStock

Selain usia, cedera ginjal akut saat hamil lebih banyak terjadi pada wanita kulit hitam daripada kulit putih. Lalu, cedera ginjal akut juga lebih sering terjadi pada wanita dengan diabetes.

Jumlah pasien diabetes yang hamil dan mengalami cedera ginjal akut meningkat 0,36 persen pada 2006 menjadi 1,10 persen pada 2015. Sebab lainnya, justru cedera ginjal pada ibu hamil ini lebih tinggi jumlahnya di perkotaan daripada pedesaan.

"Tingkat yang lebih tinggi diamati di wilayah geografis selatan dan tengah barat daripada di wilayah timur laut, dan di rumah sakit pendidikan perkotaan daripada di rumah sakit non-pengajaran perkotaan dan rumah sakit pedesaan," demikian disebutkan dalam penelitian.

Sebesar 3,98 persen kemungkinan ibu hamil mengalami kematian saat mengalami cedera ginjal akut. Sementara yang tak mengalami cedera ginjal maka risiko kematiannya 0,01 persen.

"Temuan penelitian kami mungkin memerlukan perubahan dalam kebijakan nasional mengenai perawatan kebidanan wanita dan menekankan perlunya pemantauan kesehatan ginjal untuk wanita yang dirawat di rumah sakit selama kehamilan dan selama kunjungan pranatal rawat jalan," kata Shah dikutip dari The Healthsite.

Simak juga video soal tips menjaga kulit agar tidak kering saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi