menyusui

Nipple Former, Alat Bantu Menyusui untuk Bunda Pemilik Puting Datar

Annisa Karnesyia Senin, 02 Dec 2019 18:30 WIB
Nipple Former, Alat Bantu Menyusui untuk Bunda Pemilik Puting Datar Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Setiap ibu punya tantangan berbeda dalam menyusui buah hatinya. Salah satunya masalah bentuk puting yang datar.

Banyak yang bilang, seorang wanita dengan puting datar akan sulit menyusui. Namun, kenyataannya tidak, Bun.


Konselor ASI dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr.Ameetha Drupadi mengatakan, sebenarnya kalau menyusui, apapun bentuk puting, enggak menjadi masalah. Menyusui anak itu tidak di ujung puting tapi sampai areola payudara.


Namun, untuk memudahkan saat menyusui, Bunda bisa menggunakan alat yang namanya nipple former. Alat yang ditempelkan di payudara ini bisa digunakan dari usia kehamilan 7 bulan.

"Untuk memudahkan, dari usia 7 bulan bisa menggunakan alat namanya nipple former, bentuknya seperti mangkuk mirip silikon yang tengahnya bolong di lingkaran puting," kata Ameetha, dalam acara Media Talk Show Kiat Sukses MengASIhi di Artotel Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Nipple former ditempelkan di puting. Nah, saat si ibu pakai bra, ada tekanan yang bikin puting tertarik keluar.

"Jadi ketika anak lahir, putingnya agak lebih menonjol dibandingkan ibu yang tidak menggunakannya," ujar Ameetha.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Sedangkan menurut dr.Asti Praborini, SpA, IBCLC, nipple former bisa digunakan mulai trimester ke-3 atau sekitar usia kehamilan 32 minggu. Alat terpasang di dalam bra selama 1 jam per hari dan meningkat teratur sampai 8 jam per hari.

"Setelah melahirkan, ibu tetap bisa menggunakan nipple former, dan diperbolehkan menggunakan nipple puller untuk menarik puting lebih menonjol," tutur Asti, dikutip dari detikcom.

Nipple former termasuk alat yang sulit ditemukan di Indonesia. Meski begitu, Bunda enggak perlu khawatir dan takut tidak bisa menyusui langsung si kecil.

Ameetha menambahkan, meski puting datar, ibu tetap bisa menyusui jika belajar dari awal. Menyusui itu menyesuaikan areola payudara. Ia juga mengingatkan untuk tidak banyak melakukan tindakan pada payudara saat hamil.

"Pada saat hamil kita enggak boleh terlalu intervensi si puting, takutnya kontraksi. Saat lahir, yang terpenting anak tidak langsung dikenalkan dengan dot atau empeng," jelas Ameetha.

Nipple Former, Alat Bantu Menyusui untuk Bunda Pemilik Puting Datar

Simak juga macam makanan yang mampu memperbanyak jumlah ASI di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi