menyusui

Tips Menyusui yang Tepat untuk Bunda Pemilik Puting Datar

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 01 May 2019 19:00 WIB
Tips Menyusui yang Tepat untuk Bunda Pemilik Puting Datar
Jakarta - Puting rata atau datar kerap menyulitkan Bunda saat menyusui. Hal itu membuat sebagian Bunda jadi enggak percaya diri menyusui anaknya. Mereka merasa enggak bisa menyusui dengan maksimal karena kondisi putingnya yang rata.

Bunda tak perlu berkecil hati terlebih dulu ya. Sebab, pemilik puting datar tetap bisa menyusui dengan maksimal kok, selama produksi ASI berjalan lancar. Hal tersebut dapat disiasat lho, sebelum Bunda menyusui si kecil.


"Bagi kebanyakan Bunda yang memiliki puting datar, memijatnya dengan lembut akan mendorongnya cepat keluar dan membuat pelekatan lebih mudah,"kata Jessica Leonard dari Australian Breastfeeding Association seperti dikutip dari Practical Parenting.


Pemijatan tersebut dapat membantu memberikan kenyamanan pada Bunda dimana salah satunya mengurangi pembengkakan yang mungkin terjadi. Pijatan juga akan melembutkan jaringan payudara di sekitar areola.

Tips Menyusui yang Tepat untuk Bunda Pemilik Puting DatarPuting datar ibu menyusui/ Foto: iStock

Melansir Very Well Family, menyusui dengan puting datar atau rata dapat disiasati dengan mencoba memberikan penekanan pada pangkal puting untuk membantunya lebih menonjol.

Bunda juga dapat menggunakan bantuan pompa ASI sebelum menyusui bayi, Bun. Alat tersebut dapat membantu mengeluarkan dan memanjangkan puting Bunda. Atau, Bunda juga dapat menggunakan bantuan nipple averter dimana membantu menarik keluar puting datar.

Sementara itu, jika puting datar karena pembengkakan payudara, Bunda dapat mencoba untuk mengeluarkan sedikit ASI sebelum menyusui bayi ya, Bun. Hal ini dilakukan untuk membantu melunakkan payudara yang membengkak serta memudahkan bayi Bunda untuk menyusu.


Kemudian, gunakan teknik V-hold atau C-hold untuk meremas payudara dengan lembut sebelum menyodorkan puting ke buah hati, Bun. Jika Bunda mengalami kesulitan dalam menyusui si kecil, segera konsultasikan kepada dokter atau konselor laktasi ya, Bun, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selamat mencoba, Bun.

Bunda, simak yuk, peran penting selama Bunda menyusui si kecil dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi