menyusui

5 Masalah Menyusui & Solusinya, Ibu Baru Wajib Tahu

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Dec 2019 08:00 WIB
5 Masalah Menyusui & Solusinya, Ibu Baru Wajib Tahu ilustrasi ibu menyusui/ iStock
Jakarta - Proses menyusui, bagi beberapa ibu adalah hal yang menantang. Belum lagi adanya masalah yang ditemui ketika mengASIhi si kecil bisa bikin ibu stres.

Dikutip dari Womenshealth.gov, menyusui bisa jadi tantangan bagi ibu terutama di awal masa menyusui. Tapi ingat, Bunda enggak sendirian kok. KOnselor laktasi akan menolong Bunda agar bisa menemukan cara tepat dan nyaman ketika menyusui.


Beberapa wanita ada yang menghadapi banyak masalah ketika menyusui. Bahkan, proses menyusui bisa amat berbeda antara anak yang satu dengan yang lain. Misalnya proses menyusui anak pertama lancar, sedangkan saat menyusui anak kedua amat berat.


Nah, dr.Meta Hanindita, Sp.A dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan ada lima masalah umum yang dialami ibu menyusui, seperti dikutip dari bukunya Mommyclopedia Cara Tepat Merawat Bayi 0 - 1 Tahun.

1. Puting lecet

"Untuk mengatasi puting lecet, benahi kembali posisi dan pelekatan bayi. Kalau sudah benar, segera konsultasi ke dokter untuk memastikan kemungkinan adanya tongue tie pada bayi," kata Meta.

2. Payudara bengkak dan tersumbat

Solusi untuk masalah ini, kata Meta yaitu:
- Kompres hangat atau mandi dengan air hangat sebelum menyusui
- Tetap susui bayi untuk mengosongkan payudara secara efektif
- Lakukan pijat oksitosin
- Saat bayi tidur, perah ASi setidaknya 3 jam sekali
- Kompres dingin payudara setelah menyusui untuk membantu mengurangi bengkak dan nyeri

Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Mastitis

"Mastitis merupakan kondisi di mana payudara terlihat bengkak, kemerahan, dan nyeri. Seluruh tubuh ibu pun meriang. Solusinya tetap susui bayi untuk mengosongkan payudara dan segera ke dokter untuk mendapat antibiotik," tutur Meta yang merupakan ibu dua anak ini.

4. Oversupply ASI

Kata Meta, karena oversupply ASI bayi sering tersedak karena aliran ASI terlalu kencang dan banyak. Kemudian, bayi sering terlihat menggigit payudara atau menekan payudara ibu, lalu ASI menyemprot saat pertama bayi menyusu.

Solusinya:

- Posisikan bayi lebih tinggi daripada payudara sehingga Bunda bisa lebih mengendalikan proses menyusui
- Ibu bisa berbaring dan posisikan bayi saat menyusu hampir di atas ibu setelah pelekatan
- Pakai teknik menggunting. Pakai jari telunjuk dan jadi tengah untuk menjepit areola untuk membantu membatasi aliran ASI yang keluar.

5. Puting datar atau terbenam

"Tarik-tarik puting dengan lembut beberapa kali hingga keluar. Bisa juga Bunda menarik perlahan puting menggunakan alat berupa spuit yang dipakai terbalik," papar Meta.

Intip menu sarapan ibu menyusui agarĀ ASI lancar di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

Simak cerita liburan Raffi dan Nagita dengan klik banner berikut.
5 Masalah Menyusui & Solusinya, Ibu Baru Wajib TahuFoto: InsertLive
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi