Sign Up search


menyusui

Menyusui Sambil Berbaring Picu Infeksi Telinga Bayi, Benarkah?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Dec 2019 10:10 WIB
Menyusui Sambil Berbaring Picu Infeksi Telinga Bayi, Benarkah? caption
Jakarta - Posisi menyusui banyak ragamnya. Pilihan posisi menyusui ini tergantung kenyamanan ibu dan bayi. Hanya saja, kadang ada ibu menyusui percaya menyusui dengan posisi berbaring bisa bikin anak kena infeksi telinga.

Dikatakan konselor laktasi Kelly Bonyata, hal itu tidak benar, Bun. Studi membuktikan apa pun posisi menyusui yang diterapkan, menyusui pada dasarnya bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi telinga.




"Justru ada bukti ketika bayi menyusu lewat botol susu dalam posisi berbaring, susu bisa masuk ke saluran eustachius dan menyebabkan infeksi," kata Bonyata melansir dari Kelly Mom.

"Meskipun, ada bedanya ketika bayi menyusu langsung dan menggunakan botol. Dengan menyusu langsung ASI tidak mengumpul, sedangkan menyusu dari botol bisa bikin ASI bisa mengumpul di mulut bayi," kata Bonyata.

Sementara itu, perawat nenonatal bersertifikat Donna Murray mengatakan ada beberapa kondisi yang membuat ibu menyusui lebih nyaman menyusui bayinya sambil berbaring.

1. Di rumah sakit

Ketika ibu baru melahirkan dan masih dirawat di RS, posisi menyusui miring atau berbaring bisa jadi posisi yang bikin ibu nyaman.

2. Melahirkan caesar

Posisi miring atau berbaring bisa membantu ibu yang habis melahirkan caesar karena posisi ini tidak memberi tekanan pada bagian perut, area bekas jahitan operasi.

Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Bunda berpayudara besar

"Posisi menyusui berbaring atau miring bisa membuat proses menyusui ibu dengan payudara besar lebih mudah. Sebab, posisi payudara yang cenderung tidak menggantung dibanding saat Bunda menyusui dalam posisi duduk, bisa bikin lebih nyaman," jelas Murray dilansir Very Well Family.

4. Lelah menyusui dengan posisi duduk

Jika lelah dengan posisi menyusui duduk, Bunda bisa menyusui sambil berbaring. Apalagi, terlalu lama menyusui dalam posisi duduk bisa bikin punggung, leher, dan lengan pegal.

5. Lelah sekali

Posisi menyusu berbaring atau rebah jadi pilihan tepat ketika Bunda harus menyusui tapi si kecil haus. Sembari menyusui, Bunda bisa merelakskan punggung dan pinggang kan?

6. Bayi mengantuk

Kata Murray, menyusui dengan posisi badan berbaring juga football hold bisa membuat ibu menyusui sambil memeluk si kecil. Pelukan ibu bisa membuat bayi lebih gampang tidur.

Cek 5 alternatif posisi menyusui di video berikut

[Gambas:Video Haibunda]

Simak cerita soal bonus ART Sandra Dewi yang jumlahnya wow dengan klik banner berikut.
Menyusui Sambil Berbaring Picu Infeksi Telinga Bayi, Benarkah?Foto: InsertLive
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi