sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab ASI Berlebih di Satu Payudara, Waspadai Infeksi Telinga Bayi

Annisa Karnesyia Sabtu, 26 Dec 2020 11:26 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Kondisi ASI berlebih di satu payudara bisa menyebabkan anak suka menyusu di payudara yang itu-itu saja. Menurut La Leche League International, kondisi ini memang jarang terjadi. Tapi, bukan berarti wanita tidak bisa mengalaminya saat menyusui.

Penyebabnya pun bisa beragam, Bunda. Dilansir Kelly Mom dan Romper, berikut 5 penyebab suplai ASI berlebih di satu payudara ibu:

1. Anatomi tubuh

Perbedaan anatomi tubuh setiap wanita itu normal. Semua wanita memiliki satu payudara yang saluran dan alveoli berfungsi lebih dari payudara lain.


Beberapa wanita juga memiliki perbedaan antara dua areola atau puting untuk memudahkan bayi menyusu di satu sisi dibandingkan lainnya. Puting mungkin datar, terbalik, atau bentuknya berbeda.

2. Bayi suka menyusu di satu sisi

Sebagian besar bayi suka menyusui di satu payudara ibu sampai batas waktu tertentu, sehingga membuat suplai ASI di payudara lain berlimpah. Sejak awal, bayi yang menyusui di satu payudara mungkin merasa lebih nyaman digendong di satu sisi.

3. Ibu suka menyusui di satu payudara

Secara sadar atau tidak sadar, ibu mungkin lebih suka menyusui buah hatinya di satu payudara saja lho. Hal ini bisa jadi karena ibu nyaman dengan posisi menyusui di satu sisi.

4. Operasi atau cedera

Jika satu payudara pernah dioperasi atau terluka, suplai ASI dapat terpengaruh. Satu sisi payudara mungkin menghasilkan lebih sedikit ASi dari payudara satu lagi.

5. Infeksi

Kondisi infeksi di payudara atau mastitis juga bisa berpengaruh terhadap suplai ASI. Gejala mastitis ditandai dengan demam, nyeri payudara, hingga pembengkakan.

Apa yang harus dilakukan jika suplai ASI berlebih hanya di satu payudara?

BACA HALAMAN SELANJUTNYA untuk pengelasan lengkap, Bunda.

Banner liburan di masa pandemiBanner liburan di masa pandemi/ Foto: HaiBunda

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
5 Penyebab ASI Berlebih di Satu Payudara
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi