menyusui

Cara Simpel Tandem Nursing dan Menyapih ala Widi Mulia

Yuni Ayu Amida Kamis, 12 Dec 2019 10:19 WIB
Cara Simpel Tandem Nursing dan Menyapih ala Widi Mulia
Jakarta - Setiap orang tua tentunya punya cara sendiri untuk menyapih anaknya. Begitu pula dengan penyanyi Widi Mulia yang punya cara unik saat menyapih putra pertamanya, Dru Prawiro Sasono.

Hal tersebut diceritakan Widi di akun Instagram pribadinya. Sebelumnya, Widi juga mengaku pernah menjalani tandem nursing atau menyusui dua anak sekaligus. Yakni menyusui Dru dan anak keduanya, Widuri Putri Sasono.


"Waktu #dru umur 2,4th dan Widuri 4 bulan saya menjalani masa #tandemnursing yang unik & menakjubkan! Saat itu si sulung masih belum berhasil disapih," tulis Widi.


Seiring berjalan, istri Dwi Sasono ini mulai merasa tidak nyaman, karena rambut anak laki-lakinya tersebut mulai lebat dan gondrong. Sedangkan Dru tidak mau rambutnya dipotong.

"Akhirnya kami pun bikin kesepakatan Dru boleh menyusu kalau rambutnya sudah dicukur Selama 2 minggu dia bertahan ngga menyusu lho saking ingin rambutnya tetap gondrong!" tuturnya.

Lucunya, setelah akhirnya berhasil dibujuk untuk potong rambut, Dru mulai risih untuk menyusu. Ternyata hal ini adalah bagian dari rencana Widi menyapih putranya.

"Yes, berhasil deh rencana #weaning anak kami yg pertama. Meskipun gagal dengan cara #weaningwithlove sih yaa," tukasnya.

Cara Simpel Tandem Nursing dan Menyapih ala Widi MuliaCara Simpel Tandem Nursing dan Menyapih ala Widi Mulia /Foto: instagram


Bicara soalĀ menyapih anak, menurut konselor laktasi di TigaGenerasi, dr.Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI, terapkanlah prinsip weaning with love saat akan menyapih si kecil. Artinya, menyapih dilakukan dengan kasih sayang dan edukasi.

Caranya bisa dengan ajak anak mengobrol. Karena sebenarnya, anak mengerti apa yang dibicarakan orang dewasa di sekitarnya. Hanya saja, mereka belum bisa merespons pembicaraan itu.

"Jadi kita bisa bilang 'Dik, adik umurnya sudah 2 tahun lebih, sebentar lagi sudah besar ya. Yuk belajar untuk makan yang lain, selain ASI. Kan sudah belajar makan yang lain, kita bisa ganti ASI Bunda dengan buah atau yang lain,'" kata Hikmah.

Nah, terkadang ada orang tua yang menyapih dengan mengoleskan sesuatu di payudaranya dengan maksud agar anak tak mau menyusu lagi. Untuk hal ini, Hikmah kurang menyarankan karena khawatir bisa membuat anak trauma.

Simak juga cerita menyapih Eriska Rein dalam video berikut,

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi