sign up SIGN UP search


menyusui

3 Posisi Menyusui yang Baik Jika Bunda Ingin Melakukan Tandem Nursing

Asri Ediyati Rabu, 22 Jul 2020 07:02 WIB
ilustrasi menyusui tandem caption
Jakarta -

Tandem nursing berarti menyusui dua anak secara bersamaan. Tandem breastfeeding bisa dilakukan kalau si kakak masih dalam usia menyusu dan jumlah ASI mencukupi. Wah, aman enggak ya?

Tandem nursing aman kok untuk dilakukan, Bunda. Menurut konselor laktasi, dr Sylvia Haryeny, IBCLC, asalkan kondisi Bunda sehat dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

"Jadi tandem nursing dilakukan kalau memang si kakaknya masih usia menyusu, kemudian ASI ibunya mencukupi. Sebenarnya sih mencukupi saja ya. Karena semakin banyak yang menyusu kan produksi ASI makin banyak. Itu sih disarankan bisa tandem nursing memang," kata Sylvia.


Nah, jika Bunda ingin melakukan tandem nursing, berikut posisi menyusui terbaik yang bisa dipraktikkan, dilansir Healthline Parenthood:

1. Football hold

Bunda bisa mencoba posisi football hold untuk menempatkan bayi baru lahir ke sisi tubuh. Sementara, posisi ini membuat pangkuan Bunda bebas untuk anak yang lebih besar untuk meringkuk dan menyusu.

ilustrasi menyusui tandemilustrasi menyusui tandem/ Foto: thinkstock

2. Laid back

Bunda juga dapat mencoba posisi laid back, di mana bayi baru lahir (adik) dan si kakak bersandar pada Bunda saat Bunda menyusui. Posisi ini berfungsi dengan baik di tempat tidur, di mana ada banyak ruang untuk merasa nyaman.

3. Cradle hold

Bunda dapat mencoba menyusui dengan bayi baru lahir dengan cradle hold. Sementara si kakak berlutut di samping Bunda saat menyusui.

Meskipun tiga ini bisa disebut posisi menyusui yang ideal untuk tandem nursing, Bunda harus melakukan trial and error untuk mengetahui posisi apa yang paling nyaman.

Semoga Bunda sukses menyusui!

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi