sign up SIGN UP search

menyusui

5 Seleb Lakukan Tandem Nursing, Kimberly Ryder Punya Trik Khusus Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 07:50 WIB
Kimberly Ryder dan anak-anaknya 5 Seleb yang Lakukan Tandem Nursing, Kimberly Ryder Punya Trik Menyusui Dua Anak/ Foto: Instagram @kimberlyryder
Jakarta -

Tugas menyusui satu anak bisa menjadi drama panjang bagi seorang Bunda. Hal ini juga dialami beberapa Bunda seleb di Tanah Air yang harus melakukan tandem nursing.

Melansir dari Parents, tandem nursing atau tandem breastfeeding adalah menyusui lebih dari satu anak dalam periode waktu yang sama. Dalam kasus ini, ibu menyusui atau busui dapat menyusui balita dan bayi baru lahir secara bersamaan.

Bunda yang hamil dan baru melahirkan tetap bisa menyusui anak pertama atau keduanya yang masih membutuhkan ASI. Namun menurut American Academy of Family Physicians (AAFP), jika kehamilan normal dan Bunda sehat, maka menyusui adalah keputusan pribadinya.


Seleb yang tandem nursing

Menyusui dua anak dalam waktu sama bukan tugas yang mudah. Berikut 5 Bunda Seleb Tanah Air yang memutuskan tandem nursing dan memiliki pengalaman unik saat menyusui dua anak. Siapa saja mereka?

1. Nadia Mulya

Presenter Nadia Mulya sempat melakukan tandem nursing pada anak ketiga dan keempatnya, Delmar dan Nilouh. Meski mengaku sulit, Nadia tetap semangat mengASIhi dua buah hatinya yang terpaut dua tahun itu.

"Waktu dia (Nilouh) lagi nyusu, si mas Delmar aku kasih saja. Walaupun pada ngomel-ngomel aku nyusuin, ada sebelah kanan dan kiri. Why not? Namanya kan tandem nursing, selama ASI aku masih ada. Malah bagus Delmar dapat lagi. Yang penting adiknya enggak kekurangan," ujar Nadia, dilansir InsertLive, beberapa waktu lalu.

Tak cuma anak ketiga dan keempatnya, Nadia juga memberikan ASI eksklusif pada anak pertama dan keduanya. Ia menyakini kalau menyusui secara langsung bisa membuat produksi ASI-nya lebih banyak.

2. Kimberly Ryder

Kimberly Ryder melakukan tandem nursing untuk anak pertama dan keduanya. Anak pertama Kimberly, Rayden, hanya berjarak satu tahun dengan adiknya, Aisyah.

Kimberly memiliki trik khusus dalam menjalani tandem nursing. Ia tetap melakukan direct breastfeeding bersamaan dengan pumping untuk stok ASI perah.

"Baby Aisyah biasanya direct breastfeeding. Kalau dia DBF satu sisi, sisi satu lagi di kumpulin bocoran ASInya. Nah ASIP itu biasanya diberikan ke Rayden (Kenapa nga langsung? Giginya agak ngeri yahh). Tapi kalau Momma ada urusan dan harus pergi sebentar ninggalin baby Aisyah, ASIPnya diberikan ke baby Aisyah juga," tulis Kimberly Ryder di Instagram miliknya, beberapa waktu lalu.

Baca halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips aman menyusui saat sedang sakit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SELEB YANG TANDEM NURSING: MONA RATULIU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!