Sign Up search


menyusui

Penyebab dan Gejala Bayi Bisa Alergi Terhadap ASI Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 19 Dec 2019 12:25 WIB
Penyebab dan Gejala Bayi Bisa Alergi Terhadap ASI Bunda caption
Jakarta - ASI menjadi sumber nutrisi utama pada bayi baru lahir. Itu sebabnya, para Bunda disarankan untuk memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya.

Tapi sayangnya, ada sebagian bayi yang justru mengalami alergi ASI. Untungnya, kasus seperti ini sangat jarang ditemui, Bun.


"Sebenarnya sangatlah jarang bayi alergi terhadap susu ibunya. Hal-hal lain harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Biasanya ini terkait dengan makanan atau produk topikal (salep, krim) atau bisa juga karena paparan bahan tertentu atau perubahan cuaca," ujar Dr Jamie Isip-Cumpas, dokter anak dan konselor laktasi, dikutip dari Smart Parenting.


Ya, meskipun protein dalam ASI sangatlah ringan dan tidak memicu alergi pada bayi, tetapi beberapa bayi nyatanya juga dapat terserang alergi, Bun. Melansir Happiest Baby, hal ini biasanya dikarenakan adanya makanan yang Bunda makan dan menyusup ke dalam ASI ketika Bunda menyusui. Dari sana, bayi yang intoleran terhadap makanan tertentu pun dapat terserang alergi.

Penyebab dan Gejala Bayi Bisa Alergi Terhadap ASI Bunda Alergi ASI/Foto: iStock

Yang paling sering, penyebab alergi yang muncul yakni karena makanan seperti susu, kedelai, jeruk, telur, kacang-kacangan, dan lainnya. Atau, bisa juga dikarenakan sensitivitas terhadap kafein dalam kopi, cokelat, es teh, jamu Cina, hingga obat dekongestan.

Ketika mereka sensitif terhadap beberapa asupan tersebut, tentu saja bayi akan menimbulkan reaksi serius. Biasanya, mereka tidak akan tenang alias lebih rewel dari biasanya. Selain itu, bayi juga akan menunjukkan beberapa gejala seperti gumoh, muntah, sakit perut, diare, eksim, batuk atau alergi, mata berair, pembengkakan biasanya di bibir, lidah atau tenggorokan.


Melansir Happy Family Organics, cara menekan reaksi intoleransi pada bayi yang disusui, ada baiknya Bunda selalu mempelajari makanan mana yang merupakan alergen paling umum. Kemudian, atur asupan makanan Bunda untuk membantu meringankan gejala alergi yang mungkin timbul pada anak. Jangan ragu berkonsultasi pada dokter anak untuk mendiskusikan segala permasalahan alergi ASI, Bun.

Semoga membantu!

Bunda, berikut ada saran untuk mengatasi alergi pada bunga lho. langsung klik videonya ya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi