sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Bayi Alergi ASI, Mungkin Ada Partikel yang Terselip Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 20 Oct 2022 11:47 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk Si Kecil. Melansir laman Health, American Academy of Pediatrics (AAP) menyebut ASI sebagai makanan super karena menyediakan semua nutrisi, kalori, dan cairan yang dibutuhkan untuk kesehatan bayi.

“Kita tahu bahwa menyusui memberikan nutrisi yang optimal untuk bayi, dan sejumlah manfaat lain untuk orang tua dan bayi,” kata ahli alergi anak Jackie Bjelac, MD.

Penyebab bayi alergi ASI

Protein alami pada ASI sebenarnya sangat ringan sehingga tidak memicu alergi pada Si Kecil. American Academy of Pediatrics (AAP) juga mengatakan bahwa ASI biasanya tidak menyebabkan reaksi alergi pada bayi menyusui.


Selain itu, penelitian baru menunjukkan menyusui memengaruhi perkembangan sistem kekebalan Si Kecil untuk membantu mencegah alergi makanan di masa depan.

Namun, menurut ahli alergi anak, Jackie Bjelac, MD terdapat beberapa kasus yang menunjukkan bayi bisa alergi terhadap potongan mikroskopis protein makanan yang melewati ASI.

Jadi, meskipun Si Kecil tidak alergi terhadap ASI, mereka bisa alergi pada partikel kecil makanan yang masuk ke dalam ASI melalui makanan Bunda.

Melansir laman Happiestbaby, terkadang Si Kecil memiliki kepekaan pada artikel makanan mikroskopis yang menyelinap dalam ASI dalam waktu 30 menit setelah makan, lalu bertahan selama berjam-jam.

Kepekaan tersebut terkadang malah bisa membuat khawatir, misalnya AAP melaporkan bahwa kepekaan pada makanan dalam makanan yang dikonsumsi Bunda bisa menyebabkan eksim dan kolik.

Sebenarnya fenomena tersebut tidak terlalu umum terjadi. Menurut laporan, hanya ada dua atau tiga dari setiap 1.000 bayi yang diberi ASI eksklusif yang menunjukkan reaksi alergi. Memang jarang terjadi, tetapi alergi pada bayi merupakan masalah yang harus ditanggapi secara serius.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang alergi ASI pada bayi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 8 penyebab dermatitis atopik.

[Gambas:Video Haibunda]



GEJALA ALERGI ASI PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!