sign up SIGN UP search


menyusui

ASIP Cair karena Kebanjiran, Apa yang Baiknya Bunda Lakukan?

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 04 Jan 2020 11:15 WIB
Bunda masih menyusui si kecil dan kebetulan daerah tempat tinggal kebanjiran? Pastinya kekhawatiran soal ASI perah buat si kecil bikin khawatir ya. Tenang. caption
Jakarta - Di musim hujan, beberapa daerah bisa kebanjiran. Khususnya bagi ibu menyusui, bisa timbul kekhawatiran tersendiri bila banjir terjadi. Bagaimana nasib ASI perahnya?

Disampaikan ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Nia Umar, biasanya saat banjir listrik akan dipadamkan. Sudah pasti kondisi ini bikin para busui alias ibu menyusui panik ketika ASI Perah (ASIP)-nya sudah mencair.


"Apa yang harus dilakukan setelah ASIP mencair? Pertama, lakukan pengecekan seberapa bagian yang mencair dalam setiap wadah. Apakah ASIP mencair sebagian atau seluruhnya?," kata Nia kepada HaiBunda, Jumat (03/01/2020).


Menurut pedoman Academy of Breastfeeding Medicine (ABM) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ASIP yang sudah mencair dapat dibekukan kembali dengan catatan masih dalam proses mencair, masih terdapat inti beku (bongkahan kristal es dalam setiap wadah) meskipun kecil dan proses mencair tidak lebih dari 48 jam.

Berdasarkan catatan ini, kata Nia ibu-ibu hendaknya jangan khawatir karena masih memiliki kesempatan untuk membekukan ASIP-nya kembali. Lalu, gimana kalau ASIP di tiap wadah mencair semua?

ilustrasi asi perah saat banjirilustrasi asi perah saat banjir/ Foto: iStock
Nia bilang, memang ibu bisa dibuat sedih. Namun, melihat dari panduan AMB dan CDC, tidak dianjurkan membekukan lagi ASIP-nya yang sudah cair semuanya. Sebuah studi yang dilakukan Rachtman, Lee, dan Berg tahun 2006 menyatakan ASIP yang beku, dicairkan, dan dibekukan lagi kemudian dicairkan dan dibekukan kembali cukup kuat tidak menumbuhkan bakteri dengann mudah.


"Kadar vitamin A dan C atau asam lemak bebas juga masih aman diberi pada bayi cukup bulan. Berdasarkan penelitian itu, ASIP ibu seharusnya aman digunakan," papar Nia.

Simak cara mengatasi bayi tongue tie di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi