menyusui

4 Cara Mengatasi Bayi yang Susah Menyusu

Annisa Karnesyia Jumat, 03 Jan 2020 09:10 WIB
4 Cara Mengatasi Bayi yang Susah Menyusu
Jakarta - Banyak faktor yang menyebabkan bayi menolak menyusu selama beberapa waktu. Biasanya bayi mencoba memberitahu kita kalau ada yang enggak beres, Bun.

"Selama menolak, mungkin bayi terlihat bahagia saat melihat puting ibunya, tapi tiba-tiba menjadi tak tertarik atau menangis," kata dokter anak Jay L. Hoecker, M.D, dikutip dari Mayo Clinic.


Terkadang hal ini terjadi secara tiba-tiba saat menyusui. Dalam kasus lain, dapat terjadi secara bertahap.


"Perlu diingat juga kalau bayi menolak menyusu, itu bukan berarti ia siap. Penolakan biasanya hanya terjadi sebentar," ujar Hoeker.

Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: iStock

Dilansir Healthline, langkah awal yang harus kita lakukan untuk mengatasi ini adalah mencari tahu apa yang mengganggu bayi kita. Namun, jika ibu tidak yakin, jangan khawatir karena masih banyak solusinya, Bunda.

Berikut 4 tips mengatasi anak yang susah dan menolak menyusu. Bisa dicoba ya, Bunda!

1. Ganti posisi

Terkadang solusi mengatasi anak yang menolak menyusu hanya dengan membuatnya nyaman. Posisi dan sudut yang berbeda dapat membantu memperlancar proses menyusui. Hubungi konsultan laktasi atau konselor ASI jika Bunda butuh bantuan.

2. Tenangkan bayi sebelum menyusui

Salah satu yang paling penting sebelum menyusui bayi adalah menenangkannya. Jika kita marah, mungkin ini juga bisa membuatnya lebih marah.

Sebelum menyusui, coba gendong sambil goyangkan dan biarkan bayi mengisap empeng atau jari ibunya. Bawa si kecil ke ruangan yang gelap atau berjalan-jalan di area itu. Terkadang ini bisa membantu bayi bersendawa.

3. Bicara dengan profesional

Jika Bunda enggak yakin bayi cukup mendapatkan ASI, atau mengalami masalah saat menyusui, coba bicarakan ke dokter atau ahli laktasi. Selai berdiskusi untuk solusi, kita bisa membicarakan perubahan pola makan untuk membantu bayi merasa lebih nyaman setelah makan.

4. Kembali ke dasar

Terkadang kembali menghabiskan waktu dengan skin to skin pada bayi bisa membuat mereka lebih bahagia saat disusui. Selain itu, ini bisa buat si ibu rileks dan nyaman.

Simak juga tips menyusui yang benar ala dr.Raisa, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi