Sign Up search


menyusui

Bahaya Bunda Main Handphone Saat Menyusui, Radiasinya Rusak DNA Bayi

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 24 Jan 2020 08:45 WIB
Bahaya Bunda Main Handphone Saat Menyusui, Radiasinya Rusak DNA Bayi caption
Jakarta - Menyusui sambil main handphone banyak dilakukan ibu milenial sekarang ini. Cara ini dianggap sebagai solusi efektif mengatasi kejenuhan saat menyusui si kecil.

Eits, tapi Bunda perlu mewaspadai juga nih bahayanya. Menurut psikolog Kateyune Kaeni, seorang ibu sebaiknya meletakkan handphone ketika sedang menyusui. Ini dikarenakan, ibu yang asyik dengan handphonenya bisa mengabaikan pesan-pesan penting dari bayinya.


"Ketika bayi pertama kali lahir, penglihatan mereka pada dasarnya hanya dari payudara ke wajah ibunya. Sejauh yang mereka bisa lihat hanyalah itu. Jadi, bayi melakukan banyak tatapan dan ikatan dengan cara tersebut," kata Dr Kaeni, dikutip dari Youngparents.


Saat Bunda menyusui sambil bermain handphone, mungkin kehilangan isyarat bahwa si kecil kenyang atau mereka masih lapar. Bahkan bisa menyebabkan pelekatannya tidak aman atau tidak tahu ketika bayinya kesulitan menelan.

Dalam kondisi tersebut, tentunya akan sulit berkomunikasi dengan bayi jika Bunda terlalu sibuk dengan handphone.

Bahaya Bunda Main Handphone Saat Menyusui, Radiasinya Rusak DNA BayiBahaya main hp sambil menyusui/Foto: iStock

Di luar itu, beberapa alasan memang melatarbelakangi mengapa seorang ibu sebaiknya menghindari bermain handphone saat menyusui. Berikut ini beberapa di antaranya, Bun, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry:

1. Menghambat kontak mata

Studi menunjukkan bahwa kontak mata ibu dan anak saat menyusui, selama 6 bulan pertama hidupnya sangat penting untuk memperkuat ikatan di antara keduanya. Melihat handphone saat menyusui dapat menyebabkan Bunda kehilangan kontak mata dengan buah hati. Penelitian juga menunjukkan bahwa kontak mata antara ibu dan bayi membuat emosi dan otak mereka sinkron. Ini pun akan membantu meningkatkan keterampilan belajar dan komunikasi di masa depan bagi buah hati.

2. Menyebabkan bayi sulit mendapatkan perhatian

Ketika Bunda sibuk dengan handphone saat menyusui, si kecil dapat merasakan pergeseran perhatian Bunda dan mulai mengoceh atau bahkan menarik wajah Bunda ke arahnya. Sebuah studi menemukan bahwa bayi cenderung mencari perhatian orang tuanya. Mereka ingin diperhatikan orang dewasa di sekitar mereka.


3. Risiko paparan radiasi

Handphone memang memancarkan radiasi dan bayi Bunda karena sangat kecil maka dapat menyerap radiasi ini. Radiasi gelombang mikro sebagian besar terus menerus tetapi radiasi pada handphone biasanya tidak konstan. Namun, radiasi tersebut tetap dapat merusak struktur DNA bayi, sel-sel otak, dan menyebabkan kanker serta penyakit lainnya. WHO menyatakan radiasi ponsel sebagai karsinogen kelas 2B yang sama dengan timbal, bahan bakar jet, dan DDT.

Jadi, pastikan Bunda menjauhkan handphone dari bayi tidak hanya selama menyusui tetapi hampir setiap waktu Bunda menyusui ya, Bun. Tetap semangat mengASIhi!

Simak juga tips menyusui yang benar dari dr Reisa berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi