sign up SIGN UP search


menyusui

5 Kelebihan ASI Ibu yang Melahirkan Bayi Prematur

Yuni Ayu Amida Selasa, 21 Jan 2020 10:00 WIB
Ternyata kandungan ASI pada ibu yang melahirkan bayi prematur, dengan ibu yang melahirkan bayi cukup bulan beda lho, Bunda. Simak penjelasan selengkapnya. caption
Jakarta - Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang paling baik untuk bayi. Bahkan, pada bayi prematur, ASI bisa jadi kunci untuk menyelamatkan hidupnya.

Menurut dr.Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A, dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, umumnya bayi prematur lahir dalam kondisi fisik 'belum siap'. Nah, ASI adalah kuncinya, karena kandungan dalam ASI mampu menyesuaikan kondisi dan kebutuhan bayi prematur.


"Kalau bayinya lahir prematur dengan berat di bawah 1.000 gram, itu saya juga tidak berani memberi susu formula. Karena taruhannya bisa rusak ususnya, kan belum siap. ASI yang terbaik untuk bayi prematur," terang Rina, dilansir detikcom.


Rina menambahkan, salah satu risiko gangguan usus yang sering terjadi pada bayi prematur adalah necrotizing enterocolitis (NEC). ASI bisa menangkal perkembangan dari NEC, karena dalam ASI ada zat faktor pertumbuhan epidermal (EGF).

"Kondisi NEC jika tidak cepat ditangani bayi bisa meninggal. Oleh sebab itu, pemberian ASI menjadi kunci penting bagi bayi prematur," imbuh Rina.

5 Kelebihan ASI Ibu yang Melahirkan Bayi Prematur5 Kelebihan ASI Ibu yang Melahirkan Bayi Prematur Foto: iStock


Selain itu, berikut ini 5 kelebihan ASI ibu yang melahirkan bayi prematur dibanding ASI bayi cukup lahir, dikutip dari buku ASI untuk Bayi Prematur:

1. Komposisi ASI bisa berubah

ASI adalah cairan tubuh yang dinamis dan komposisi ASI senantiasa berubah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Itu sebabnya, ASI ibu yang melahirkan bayi prematur berubah seiring bertambahnya usia.

2. Kadar protein dan lemak tinggi

Kadar protein dan lemak pada ASI ibu yang melahirkan bayi prematur lebih tinggi dibandingkan dengan bayi cukup bulan. Hal ini untuk memenuhi tumbuh kembang dan metabolisme bayi prematur.

3. Lebih banyak zat gizi

ASI ibu yang melahirkan bayi prematur mengandung lebih banyak zat gizi, di antaranya asam amino sistein dan taurin, dan enzim lipase yang meningkatkan absorbsi lemak, serta asam lemak tak jenuh rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids), nukleotida, dan gangliosida. Serta memiliki bioavailabilitas yang lebih besar terhadap beberapa jenis elemen mineral.

4. Bisa jadi obat

ASI ibu yang melahirkan bayi prematur dapat dikatakan sebagai obat untuk pertumbuhan bayi, karena mengandung growth factor yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh bayi prematur. ASI juga terbukti bisa menurunkan risiko komplikasi prematuritas, seperti enterokolitis nekrotikans (necrotizing enterocolitis atau NEC) dan retinopathy of prematurity.

5. Baik untuk perkembangan neurologis

Penelitian Lucas dkk. berjudul Randomised Trial of Early Diet in Preterm Babies and Later Intelligence Qoutient menunjukkan, ada perbaikan perkembangan neurologis di usia 7 - 8 tahun dari bayi prematur yang mendapatkan ASI.


Simak juga drama ASI Eriska Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi