sign up SIGN UP search

menyusui

6 Perubahan Warna ASI Normal Sampai yang Harus Bunda Waspadai

Annisa Karnesyia Sabtu, 29 Feb 2020 12:25 WIB
Perubahan warna ASI sering terjadi pada ibu menyusui. Sebelum timbul rasa khawatir, simak penjelasan penyebab berubahnya warna ASI berikut. caption
Jakarta - ASI setiap ibu menyusui bisa saja berbeda, Bun. Jadi, kita enggak boleh menyamakan dengan ibu-ibu menyusui lainnya ya.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ASI biasanya berwarna putih. Meski dapat juga berwarna sedikit kuning atau kebiruan.


Menurut perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, makanan, suplemen, dan obat-obatan bisa mengubah warna ASI seorang wanita. Sama halnya seperti memengaruhi warna urin kita.


"Meski mungkin ini mengejutkan dan menakutkan untuk dilihat, itu semua masih dianggap normal. Perubahan warna ASI bisa berkaitan dengan pola makan dan tidak berbahaya," kata Murray, dikutip dari Very Well Family.

Bunda mungkin memperhatikan bahwa warna ASI berubah seiring waktu. Tapi, warna juga dapat berubah dalam satu hari atau bahkan dalam satu waktu pemberian ASI.

Jika Bunda khawatir dengan perubahan ini, bisa segera konsultasikan ke dokter atau pakar laktasi. Sebelum itu, Bunda sebaiknya memahami dulu mengapa warna ASI bisa berubah ya.

Melansir dari Healthline, berikut warna-warna ASI dan artinya. Klik next ya, Bunda.

Simak juga perlengkapan wajib ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi