sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah ASI yang Encer Kurang Bernutrisi untuk Si Kecil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 11 Dec 2021 08:10 WIB
Medical electric breast pump to increase milk supply for breastfeeding mother and children's clothing caption

Jakarta - Selama ini ASI memang lebih dikenal dengan cairan yang tampak pekat dan kental. Tetapi, adakalanya ASI encer juga dialami banyak busui di luar sana. Hmm, apa ya, penyebabnya Bunda?.

Bagi Bunda yang memompa ASI mungkin sering menyadari ASI perah tampak encer beberapa kali. Tetapi, bagi Bunda yang menyusui langsung mungkin kerap tak menyadarinya karena bayi langsung mengisap dari payudara.

Melansir Romper, ASI encer adalah hal normal dan sangat aman serta tetap sehat kok untuk Si Kecil. Sama seperti produk susu yang kita konsumsi, ASI terdiri dari berbagai komponen yang mengendap dan terpisah.


"ASI dapat terpisah saat disimpan," ujar Maureen McCormick, IBCLC, seorang konsultan laktasi di Long Island.

Biasanya, sambung Maureen, lemak akan naik ke atas dan susu akan tampak encer di bagian bawah. Terkadang, susu juga dapat terlihat menggumpal tetapi tak berarti buruk ya, Bunda. ASI tetap dapat digunakan dan tak menghilangkan nilai gizinya.

"Saat ASI diletakkan di meja, lemak akan naik ke atas, dan porsi yang mengandung lebih banyak air, laktosa, protein, dan vitamin yang larut dalam air akan mengendap di bagian bawah botol dan terlihat relatif tembus cahaya atau encer," kata Lynnette Hafken, MA, IBCLC, dari Fed Is Best Foundation.

Banner Menu Olahan TelurBanner Menu Olahan Telur/ Foto: HaiBunda/Mia

Sebenarnya ASI sendiri pun tidak pernah terlihat sangat jernih atau encer. Terkadang malah terlihat adanya semburat merah muda, hijau, dan kuning. Warna-warna itu disebabkan jenis asupan yang Bunda konsumsi. Tetapi, pada umumnya ASI berwarna putih pucat. 

Secara umum, memang ASI encer bukan hal yang aneh ya, Bunda. ASI terlihat encer karena lapisan lemak di bagian atas dan lapisan berair di bagian bawah. Ini biasanya terlihat saat Bunda yang memompa ASI memasukkannya ke dalam freezer

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 manfaat air kelapa untuk Bunda menyusui di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA, INI PENYEBAB ASI MUNGKIN MENJADI ENCER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!