Sign Up search


menyusui

Benarkah Kandungan ASI Mengikuti Jenis Kelamin Bayi?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 05 Mar 2020 13:29 WIB
Benarkah Kandungan ASI Mengikuti Jenis Kelamin Bayi? caption
Jakarta - Ada yang beranggapan rasa ASI bisa berubah tergantung dengan jenis kelamin bayi. Jadi rasa ASI ibu yang melahirkan bayi perempuan akan berbeda dengan laki-laki. Apakah benar demikian?

Melansir Bellybelly, ASI merupakan zat yang dinamis dan berubah tergantung pada usia dan kebutuhan bayi. Zat dalam ASI sebenarnya bervariasi pada masing-masing Bunda, bahkan tergantung apakah bayinya laki-laki atau perempuan.


Katie Hinde, PhD, ahli biologi evolusi di Harvard University dalam penelitiannya menemukan bahwa anak perempuan menghasilkan lebih banyak kalsium dalam ASI mereka. ASI ibunya pun akan memiliki lemak dan protein lebih tinggi, tetapi konsentrasi gula lebih rendah.


Hinde juga berhipotesis bahwa hal ini dapat memengaruhi payudara ibu, dimana membuat ASI berbeda tergantung jenis kelamin bayinya.

Pada anak laki-laki sendiri, pola menyusuinya memang berbeda dengan anak perempuan. Dan, hal ini pun dapat mengubah komposisi ASI yang dihasilkan ibu.

Benarkah Kandungan ASI Mengikuti Jenis Kelamin Bayi?Rasa ASI berbeda/ Foto: iStock

Seperti diketahui, sinyal hormon dari janin yang sedang berkembang dapat memengaruhi payudara untuk memengaruhi ASI yang diproduksi saat bayinya lahir.

"Kita mungkin tidak tahu pasti apakah ASI berubah berdasarkan jenis kelamin bayi. Tetapi, kita tahu bahwa itu akan selalu berubah untuk memenuhi kebutuhan setiap bayi yang disusui. ASI akan bervariasi dari setiap ibu,"ujar Hindie.

Rachael Kish, konsultan laktasi dan salah satu founder Imalac menuturkan bahwa nilai gizi ASI yang dihasilkan ibu didasarkan pada apa yang dibutuhkan setiap bayi.

Kish berujar bahwa menurut beberapa penelitian dan temuan, ibu menyusui dengan bayi laki-laki dikatakan memproduksi ASI yang lebih padat gizi. Namun, sepengetahuan Kish bahwa ASI terus berubah berdasarkan kebutuhan bayi, terlepas dari jenis kelaminnya.

Dan seiring pertumbuhan bayi, komposisi ASI akan bergeser dan bahkan bervariasi dari tahapan menyusuinya. ASI juga bervariasi dari setiap ibu karena pola makan dan profil seseorang yang berbeda, tetapi biasanya tidak dari bayi ke bayi.

Meski adanya sedikit perbedaan nutrisi dalam ASI yang diproduksi untuk anak laki-laki dan perempuan, Kish mengatakan tidak perlu menyesuaikan praktik pemberian ASI untuk jenis kelamin tertentu, seperti dikutip dari laman Romper.


Sebab, pendekatan akan bervariasi berdasarkan kebutuhan individu bayi atau jadwal ibu, tetapi tak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Setiap bayi pun akan memiliki kebiasaan makan sendiri, jadwal, posisi favorit menyusui, dan hal yang disukai serta tak disukai yang membuat mereka unik.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara aman mencegah kehamilan untuk ibu menyusui, seperti dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi