sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Sederhana Mengatasi Payudara Bengkak dan Sakit Setelah Menyapih

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 02 Apr 2020 18:02 WIB
Berhenti menyusui atau disebut menyapih akan membuat payudara terasa sakit, bahkan bengkak. Ternyata ada dua cara sederhana untuk mengatasinya. caption
Jakarta - Saat si kecil sudah berhenti menyusu, pasti Bunda berharap payudara bisa kembali ke ukuran normal. Namun apa daya, pada beberapa Bunda hal ini tidak berlaku.

Sebagian Bunda mengatakan, setelah berhenti menyusui payudara malah tetap membesar. Pembengkakan payudara setelah persalinan sebenarnya hal yang normal.


Hal itu biasanya akan terjadi pada pekan pertama atau kedua, setelah kelahiran bayi. Dilansir Very Well Family, adanya peningkatan aliran darah ke payudara bersama dengan lonjakan pasokan ASI, menjadi penyebab payudara menjadi terlalu berat dan penuh.


Nah, bagi Bunda yang langsung menyusui, tahap pembengkakan payudara ini akan berangsur pulih dalam beberapa hari, Bun. Ini dikarenakan produksi ASI akan menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Ketika sudah tidak menyusui atau pada tahapan menyapih si kecil, Bunda pun masih akan mengalami pembengkakan payudara. Hal ini terjadi karena tubuh 'tidak mengetahui' bahwa payudara sudah berhenti menyusui. Sedangkan kelenjar payudara masih memproduksi ASI.

Cara Sederhana Mengatasi Payudara Bengkak dan Sakit Setelah MenyapihTips atasi payudara sakit dan bengkak saat menyapih/ Foto: iStock


Sehingga ASI pun akan mulai memenuhi payudara di masa postpartum, di antara hari ke 3-5. Setelahnya, payudara baru akan berhenti mengeluarkan ASI dan tubuh pun secara bertahap akan setop memproduksi ASI.

Tetapi, Bunda mesti bersabar dulu karena kondisi ini membutuhkan proses sedikit lama. Butuh beberapa minggu untuk membuat bagian payudara yang bengkak dan sakit berangsur-angsur jadi lebih lunak seperti sediakala.

"Untuk membantu meredakan ketidaknyamanan tersebut, menggunakan obat anti inflamasi dapat menjadi pilihan. Atau, Bunda juga dapat mengompresnya dengan air hangat, air es, dan mengenakan breast pad untuk membantu menyerap kebocoran," terang Justine Fieth, breastfeeding counsellor di Cambridge, dikutip dari Madeformums.


Selain itu, jika payudara masih terasa sakit bisa diatasi dengan mengeluarkan sedikit ASI setiap waktu. Bisanya, cara ini juga akan mengurangi pembengkakan. Tambahkan pemijatan di area payudara untuk mencegah kondisi bertambah buruk.

Semoga membantu, Bunda saat menyapih si kecil ya.

Simak juga cerita Marissa Nasution yang sempat drama menyusui anak pertamanya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi